Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Tren, Bikin Honda Win 100 Pakai Bahan Honda Verza

Kompas.com - 06/08/2023, 09:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pecinta otomotif roda dua tentu tidak asing dengan Honda Win 100, sepeda motor sport naked dengan ciri khas mengotak dari bodi, tangki, hingga ke desain lampu utamanya.

Honda Win pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 1984, dan langsung dijadikan kendaraan dinas berbagai instansi.

Meski sempat dipandang sebelah mata, harga Win 100 saat ini mulai merangkak naik. Salah satu sebabnya karena semakin langkanya motor sport itu dan ramainya tren penggunaan bergaya motor klasik.

Baca juga: Alphard Lawas Mulai Ramai di Pasar Mobil Bekas, Ini Alasannya

Honda Verza custom Win garapan Mosic GarageKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage

Dilansir dari berbagai situs jual beli daring, Win dipasarkan mulai Rp 8 jutaan untuk lansiran 2002 sampai Rp 20 jutaan untuk tahun 2005.

Buat mengakali tingginya harga Win, banyak konsumen yang melakukan modifikasi. Salah satu motor yang bisa jadi bahan dasar adalah Honda Verza.

Keuntungan dari modifikasi ini, konsumen bisa mendapatkan unit yang masih segar. Karena basis motor bisa menggunakan Verza yang usianya jauh lebih muda daripada Win.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris 2023, Bezzecchi Pole Position

Selain itu, pemilihan spare part bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sendy Alfiandi, pemilik bengkel modifikasi Mosic Garage di daerah Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, modifikasi Honda Verza custom Win mulai diminati pada tahun ini.

“Jadi kita bikin Win dari basic Verza injeksi, kita lakukan ubahan tangki, rangka, kaki-kaki, dan aksesori mengikuti gaya Honda Win,” ujar Sendy kepada Kompas.com (4/8/2023).

Baca juga: Ada Subsidi, Modal Rp 1 Jutaan Bisa Dapat Motor Listrik Ini

Mosic Garage menggarap berbagai motor modifikasi, salah satunya Honda Verza custom WinKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mosic Garage menggarap berbagai motor modifikasi, salah satunya Honda Verza custom Win

“Spare part kita pakai bawaan Honda Win, seperti bodi belakang dan lampu-lampu. Kalau tangki kita custom sendiri,” kata dia.

Menurutnya, pesanan Honda Verza custom Win bisa mencapai 4-5 unit per bulan, dengan lama pengerjaan kurang lebih satu bulan per unit.

Adapun bahan Honda Verza yang dijadikan objek modifikasi bisa dibawa konsumen, atau minta dicarikan oleh Mosic Garage.

“Kita terima modifikasi rapi sudah termasuk Verzanya sekitar Rp 22,5 juta, kalau biaya modifikasinya saja kurang lebih Rp 13,5 juta,” ucap Sendy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com