Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda Tiger Berjantung Listrik

Kompas.com - 01/08/2023, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam peresmian program konversi sepeda motor listrik yang perdana di Kantor Kementerian ESDM (28/7/2023), terselip satu motor konversi yang mencuri perhatian.

Tampak sebuah Honda Tiger yang masih kelihatan gagah seperti bawaan pabriknya, tapi kini diubah menjadi senyap dan ramah lingkungan.

Rupanya motor sport konversi ini merupakan salah satu karya BRT Electric, sebuah bengkel konversi di Bogor yang telah mendapat sertifikasi dari pemerintah.

Baca juga: Pengendara Sepeda Listrik 35 Kpj Wajib Punya SIM, Ini Kata Polisi

Honda Tiger hasil konversi motor listrik karya BRT ElectricKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Tiger hasil konversi motor listrik karya BRT Electric

Tidak banyak yang berubah dari segi eksterior, karena pemilik ingin mempertahankan keaslian desain dan aura gagah dari Honda Tiger.

Untuk area mesin, komponen-komponen mesin listrik disusun sedemikian rupa agar terlihat seperti mesin 4 tak yang dulu tersemat pada motor ini.

Selain itu, ubahan juga terlihat di area kemudi. Saklar bawaan Honda Tiger digantikan milik Bajaj Pulsar.

Baca juga: Mau Pelihara Nissan X-Trail Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Tombol-tombol pun mengalami penyesuaian. Engine cut off yang awalnya berfungsi mematikan mesin, kini menjadi mode berkendara 1 dan 2.

Kemudian lampu dim alias high beam yang dipakai buat alat bantu pandangan ketika malam, kini menjadi fitur mundur (reverse) yang sering ada di motor listrik kelas menengah ke atas.

Adapun bodi-bodi masih lengkap memakai bawaan Honda Tiger. Namun, warna standar digantikan dengan hitam doff.

Baca juga: 25 Jalan Ini Kena Ganjil Genap Jakarta, Melanggar Kena Tilang Rp 500.000

Area setang motor Honda TigerKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Area setang motor Honda Tiger

Sementara pelek bawaan diganti satu set pelek racing baru kelir putih. Sedangkan lampu depan pakai model LED daymaker dengan pancaran sinar putih kebiruan.

Yansen Setyadi, Engineer dan Trainer BRT Electric, mengatakan, paket konversi kit yang dipasang pada Honda Tiger ini pada dasarnya sama seperti tipe matik ataupun bebek.

Menurutnya, konversi kit ini juga kompatibel dengan tipe motor sport lainnya. Karena komponen utama konversi motor listrik sebetulnya hanya BLDC, baterai, ECU, dan sistem kelistrikan.

Baca juga: Video Pajero Sport Arogan Saat Mengawal di Jalan Tol

Honda Tiger hasil konversi motor listrik karya BRT ElectricKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Tiger hasil konversi motor listrik karya BRT Electric

“Buat motor sport perbedaannya hanya di motor BLDC 3 kWh dan baterai Gesits 72V20Ah sebanyak dua buah, selebihnya sama dengan konversi kit matik dan bebek,” kata Yansen, kepada Kompas.com (31/7/2023).

Perihal harganya, ongkos modifikasi Honda Tiger listrik ini memakan biaya sekitar Rp 23,5 juta. Dengan rincian konversi kit dibanderol Rp 7,5 juta dan dua unit baterai Gesits 72V20Ah seharga Rp 16 juta.

Spesifikasi Honda Tiger konversi listrik:

- BLDC: 3KW Gear Reduction BRT
- ECU: Juken 10
- Throttle body dan sensor TPS
- MCB
- DC-DC Converter
- Dioda
- Kabel body
- Bracket set
- Battery: 2x Gesits Battery 72V20Ah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com