Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Brio RS dengan Toyota Agya GR Sport

Kompas.com - 21/07/2023, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport berada di segmen yang sama. Kedua mobil ini kerap dibanding-bandingkan, mulai performa, fitur, harga, hingga biaya perawatannya.

Untuk Brio RS, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah memberikan kisaran biaya perawatan. Tapi, tidak dijelaskan secara detail perawatan apa saja yang dilakukan.

Baca juga: Adu Irit dan Performa Honda Brio RS Vs Toyota Agya GR Sport

Honda tidak memberikan gratis biaya jasa dan suku cadang. Namun, HPM menawarkan beberapa paket hemat untuk perawatan kendaraan di bengkel resmi Honda.

Honda Brio RS faceliftKompas.com/Adityo Honda Brio RS facelift

Terlepas dari paket perawatan yang ditawarkan, biaya perawatan untuk Brio RS facelift hingga 100.000 km atau lima tahun mencapai Rp 12.137.000. Sehingga, jika dibagi per tahun, konsumen harus menyiapkan dana sebesar Rp 2.427.400.

Berbeda dengan Agya GR Sport, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memberikan gratis biaya jasa dan suku cadang hingga servis ketujuh atau sampai tiga tahun.

Baca juga: Adu Fitur, Honda Brio RS Vs Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Agya GR Sport

Sedangkan untuk total biaya perawatan sampai 100.000 km atau lima tahun, Agya GR Sport memiliki pengeluaran sebesar Rp 6.211.092. Jika dibagi per tahun, maka hanya Rp 1.242.218.

Jika dibandingkan antara Brio RS dengan Agya GR Sport, tentu biaya perawatannya lebih terjangkau mobil buatan Toyota tersebut. Bahkan, perbedaannya cukup signifikan, tembus dua kali lipatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com