Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Nyaman, Honda Brio RS atau Toyota Agya GR Sport?

Kompas.com - 14/07/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya GR Sport mendapatkan lawan yang sekelas dengan hadirnya Honda Brio RS facelift. Tak sedikit yang penasaran dengan kenyamanan yang ditawarkan kedua mobil perkotaan ini.

Honda memberikan penyegaran pada Brio RS di beberapa bagian, seperti eksterior, interior, dan penambahan fitur. Tapi, bagian lainnya, seperti jok hingga suspensinya, masih dibiarkan sama seperti model sebelumnya.

 Baca juga: Komparasi Interior Honda Brio RS dengan Toyota Agya GR Sport

Untuk posisi berkendara, Brio RS menawarkan posisi yang cukup ergonomis. Tombol-tombol yang ada di head unit atau dasbor mudah dijangkau.

Interior Honda Brio RS faceliftKompas.com/Donny Interior Honda Brio RS facelift

Namun, sedikit catatan untuk baris kedua. Posisi sandaran punggung atau backrest dirasa sedikit terlalu tegak. Sehingga, bisa mengurangi kenyamanan saat perjalanan jarak jauh.

Terkait suspensi, Brio RS facelift masih sama seperti model sebelumnya. Karakter suspensinya tidak berubah, masih terasa sedikit kaku atau keras saat melewati permukaan jalan yang tidak rata dengan kecepatan rendah. Tapi, mobil jadi lebih stabil saat melaju di jalan tol.

Baca juga: Honda Brio RS Vs Toyota Agya GR Sport, Siapa Lebih Sporty?

Untuk Agya GR Sport, perubahannya cukup signifikan dari model sebelumnya. Posisi berkendara yang ditawarkan juga cukup ergonomis dengan jok yang sekarang dirasa lebih empuk.

Interior Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Agya GR Sport

Apalagi, Toyota kali ini mencoba menerapkan konsep driver oriented. Tombol-tombol yang tersedia di dasbor dirancang untuk memudahkan pengendara.

Toyota juga memberikan tambahan setelan pada bagian kaki-kaki dengan mengaplikasikan shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. Suspensi memang dirasa sedikit kaku dan bantingan Agya GR Sport sedikit keras. Tapi, kondisi tersebut masih bisa ditoleransi berkat handling yang optimal.

Komparasi Honda Brio RS vs Toyota Agya GR SportKompas.com/Adityo Komparasi Honda Brio RS vs Toyota Agya GR Sport

Honda Brio RS dan Toyota Agya GR Sport memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski demikian, keduanya sama-sama bisa memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan saat digunakan untuk harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com