Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hyundai Stargazer Essential Meluncur Tanpa Fitur Bluelink

Kompas.com - 18/07/2023, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi memperkenalkan varian baru, yakni Hyundai Stargazer Essential, Senin (17/7/2023).

Kehadiran tipe Essential sekaligus menggantikan varian Trend yang sebelumnya menjadi bagian dari keluarga Stargazer.

Berbeda dengan tipe Trend yang sudah disematkan Bluelink, Hyundai justru menghilangkan fitur unggulan tersebut pada tipe Essential.

Baca juga: Dua Varian SUV Baru Chery Siap Meluncur di GIIAS 2023

Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID mengungkapkan alasannya. Menurut Bonar, hal itu dilakukan lantaran tipe Essential belum cukup memberikan servis yang ditawarkan oleh fitur Bluelink.

“Bluelink itu kan merupakan suatu telematis atau sistem konektivitas yang cukup canggih, dilengkapi dengan berbagai servis yang tersedia. Salah satunya remote engine start dan sebagainya. Kalau menurut Hyundai untuk memberikan pengalaman yang konsisten, Bluelink itu hanya bisa dihadirkan di trim-trim tertinggi seperti Style dan Prime. Makanya di tipe Essential ini tidak ada,” ucap Bonar, di Jakarta, Senin (17/7/2023).

Seperti contoh, pada tipe Trend sudah disematkan fitur Bluelink, namun mobil tersebut masih belum menggunakan remote engine start-stop. Alhasil, servis yang dihadirkan oleh Bluelink tidak maksimal.

“Sebelumnya di Trend ada, tetapi servisnya itu berkurang, seperti tidak ada remote engine start, padahal ada Bluelink. Kami kemudian melihat supaya konsumen bisa merasakan fitur atau pengalaman menggunakan Bluelink sebagaimana mestinya selayaknya semua servis itu harus siap dan tersedia,” kata Bonar.

Sebagai informasi, Bluelink merupakan fitur yang memungkinkan pemilik untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke kendaraan lewat telepon genggam.

Lewat Hyundai Bluelink, fitur-fitur penting kendaraan seperti mengetahui kondisi darurat saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka pintu mobil, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, serta mengetahui dimana kendaraan parkir.

Teknologi Bluelink.Dok. Hyundai Teknologi Bluelink.
Selain itu, fitur canggih lainnya yang ada pada Hyundai Bluelink seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang memberitahu pemilik lewat ponsel ketika mobil sedang ingin dicuri dan mengetahui posisinya secara real time.

Kemudian, jika mobil dicuri bisa telepon call center untuk meminta dimatikan sementara mobil yang sedang dicuri (Stolen Vehicle Immobilization).

Baca juga: Jangan Sembarangan Pasang Audio Tambahan di Mobil Listrik

Tak hanya itu, terdapat juga fitur ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) yang dapat digunakan oleh pemilik mobil di situasi darurat lainnya, seperti saat membutuhkan bantuan medis atau saat mobil alami kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com