Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Mobil jika Ditabrak dari Depan

Kompas.com - 06/06/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial pengemudi Honda Freed kesal karena tidak sabar saat menunggu mobil lain yang taat berdiam di lampu merah.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, bandung.banget, tersebut pengemudi Freed kemudian emosi dan terlibat cekcok dengan pengemudi lain sehingga menabrakkan mobilnya dengan cara mundur.

Baca juga: Ketahui Interval Ganti Air Radiator Mobil Secara Rutin

"Minggu 04/6/23 lokasi di Bandung, saya sedang berhenti di salah satu lampu merah di Bandung, memang sepi dan banyak orang yang menerobos lampu merah tapi saya tetap berhenti dan menunggu lampu hijau tetapi tiba-tiba mobil di belakang berhenti dan klakson saya terus," tulis keterangan video dikutip Selasa (6/6/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bandung Banget! (@bandung.banget)

Berkaca pada kasus tersebut sebetulnya bukan kali pertama pengemudi cekcok dengan pengemudi lain sehingga berakibat berkelahi dan merugikan kendaraan.

Dalam video tersebut terlihat bagian depan mobil penyok. Lantas berapa biaya perbaikan bagian depan Toyota Calya yang penyok? baik ditabrak pengemudi atau kasus-kasus lain.

Yadi dari bengkel spesialis cat dan body repair, Glanz Autoworks, di Tangerang Selatan, memberikan estimasi biaya perbaikan jika mengalami kondisi mobil seperti itu sekitar Rp 5 juta tergantung mobil.

"Kira-kira aja ya. Mohon maaf kalau salah. Biasanya sepengalaman saya bagian itu yang diperbaiki kalau dilihat kejadiannya," kata Yadi kepada Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Truk Seken Punya Harga yang Stabil

New Toyota CalyaKOMPAS.com/Ruly New Toyota Calya

Yadi merinci, jika penyok terkena kap mesin maka biaya yang dikeluarkan lebih besar bisa mencapai Rp 1,5 juta.

"Untuk perbaikan dan repaint kap mesin kurang lebih Rp 1,5 juta. Kemudian jika palang radiator bengkok Rp 700.000," kata Yadi.

Adapun untuk eksterior, untuk mengganti bumper depan harga yang dipatok di tempatnya berkisar Rp 900.000 dan jika grill sampai pecah maka untuk ganti baru Rp 1,5 juta.

"Kira-kira demikian estimasi dari saya. Pengalaman saya hanya itu yang diperbaiki," ucap Yadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com