Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trac Mulai Sewakan Mobil Hybrid, tapi Belum Mobil Listrik

Kompas.com - 03/05/2024, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Trac perusahaan penyewaan kendaraan grup Astra mulai menawarkan kendaraan hybrid sebagai armadanya. Banyak manfaat yang didapatkan saat memakai mobil hybrid, seperti konsumsi BBM yang lebih hemat.

Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Trac mengatakan, hybrid jadi jalan tengah perusahaan untuk mulai mengarah ke ramah lingkungan. Sementara mobil listrik berbasis baterai atau BEV masih belum sesuai kebutuhan.

"Kita melihat, orang yang sewa, itu sangat mobile (sering jalan). Sedangkan SPKLU masih sangat terbatas dan waktu pengecasan masih cukup lama," kata Fischer di Bogor, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: TRAC Mengklaim Permintaan Layanan Bus Naik Terus

Penampilan Toyota bZ4X. Dok. Kompas.com/Nanda Penampilan Toyota bZ4X.

Fischer bilang, BEV masih belum cocok buat konsumen. Makanya sebagai tanggung jawab ke lingkugan, mobil hybrid terus ditambah jumlahnya di lini Trac.

"Hybrid sudah sangat menolong konsumsi BBM. Data di kita, hybrid itu konsumsi BBMnya bisa dua kali lebih hemat dari yang bensin (ICE)," kata Fischer.

Baca juga: Wuling Tak Pasang Target Penjualan Cloud EV di PEVS 2024


Trac untuk saat ini menggunakan mobil hybrid dari Toyota, seperti Zenix Hybrid dan Camry Hybrid. Sedangkan BEV, rasanya baru akan dipakai buat sewa saat ekosistem sudah siap.

"SPKLU sudah banyak, charging time sudah pendek, kami akan masuk ke sana (sewa BEV). Jadi kami masuk green environment tapi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen," ucap Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com