Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Agar Aki Awet, Jangan Sembarang Mematikan Mesin Mobil | Kejadian Lagi, Pengendara Motor Masuk Jalan Tol dan Lawan Arah

Kompas.com - 05/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak perilaku yang bisa menjadikan kondisi mobil menjadi kurang maksimal. Contoh, kebiasaan mematikan mesin sembarangan.

Sebab dalam waktu tertentu, komponen kelistrikan dan aki dapat bermasalah karena beban arus yang diputuskan tiba-tiba.

"Aki itu selain usia pakai, tegangannya dapat berkurang jika pengisian mesin tidak normal. Salah satunya, mematikan mesin tanpa mematikan AC, dan lampu-lampu kabin. Itu akan membebani alternator, tegangan aki masih belum penuh, tapi justru charging-nya dihentikan," kata Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki, Andreas Hardjo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, kasus pengendara sepeda motor masuk jalan tol kembali terjadi. Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Senin (3/4/2023), terlihat pengendara sepeda motor yang sedang berboncengan masuk jalan Tol Sedyatmo.

Tak hanya masuk jalan tol, pengendara motor itu yang menggunakan atribut ojek online itu nekat melawan arus dan berkendara di lajur kanan jalan tol.

Baca juga: Penampakan Calon Mobil Listrik Chery eQ7

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 5 April 2023:  

1. Agar Aki Awet, Jangan Sembarang Mematikan Mesin Mobil

Innova Zenix V BensinKOMPAS.com/Adityo Wisnu Innova Zenix V Bensin

Beban aki yang berkurang itu biasanya akan ditandai mesin akan sulit dihidupkan saat pagi hari. Padahal, usia aki masih panjang, belum genap setahun pemakaian. Aki yang bermasalah, juga dapat menyebabkan kerusakan komponen kelistrikan mobil, seperti audio.

Kondisi yang terjadi akan bertambah parah jika mobil kemudian tidak dipakai cukup lama. Sebab, beban kelistrikan tetap mengalir dari aki ke komponen-komponen mobil saat kondisi mesin mati.

Baca juga: Agar Aki Awet, Jangan Sembarang Mematikan Mesin Mobil

2. Kejadian Lagi, Pengendara Motor Masuk Jalan Tol dan Lawan Arah

pengendara motor masuk jalan tol hingga lawan arahinstagram.com/dashcamindonesia pengendara motor masuk jalan tol hingga lawan arah

“Motor masuk jalan tol sudah biasa.. Biar lebih greget lawan arah dan di jalur sebelah kanan. Lokasi di tol Sedyatmo. Berhati hatilah dalam berkendara dan selalu patuhi peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tulis unggahan tersebut.

Perlu diingat, jalan tol didesain untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi dan memiliki bobot cukup besar, menyesuaikan mobil maupun bus dan truk. Sehingga momentum yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan tersebut berisiko menimbulkan kecelakaan bagi sepeda motor yang dimensinya lebih kecil (tidak sesuai).

Baca juga: Kejadian Lagi, Pengendara Motor Masuk Jalan Tol dan Lawan Arah 

3. Daftar Harga Mobil Listrik Usai Dapat Diskon PPN 10 Persen

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Pemerintah RI resmi memberikan bantuan atau subsidi untuk tiap pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) roda empat yang sudah punya Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN 40 persen.

Subsidi tersebut berupa pemotongan instrumen Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen, dari sebelumnya berlaku 11 persen. Sehingga masyarakat yang membeli mobil dimaksud, hanya dibebankan PPN 1 persen saja.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik Usai Dapat Diskon PPN 10 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com