Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Chery Paling Cepat Meluncur Akhir Tahun

Kompas.com - 07/02/2023, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Chery memastikan bakal meluncurkan mobil listrik pertamanya paling cepat pada akhir tahun ini. Kabarnya, produk tersebut adalah Omoda 5 EV.

Seperti diketahui, Omoda 5 adalah SUV ringkas yang siap meluncur pada IIMS 2023. Chery mengatakan bahwa mobil ini akan memiliki harga yang kompetitif.

Rifkie Setiawan, General Manager Marketing PT Chery Sales Indonesia, mengatakan, pihaknya masih dalam tahap persiapan sebelum meluncurkan mobil listrik.

Baca juga: Pabrik Esemka Punya Fasilitas Baru, Siap Produksi Mobil Listrik?

Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific PlaceKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi mobil listrik sedang mengisi daya di SPKLU Shell Recharge di Mal Pacific Place

“Nanti ada tahapan-tahapannya, tapi yang akan kita bawa sesuai dengan apa yang disampaikan CEO kita, bahwa EV pertama yang akan dibawa adalah Omoda 5. Antara akhir tahun ini atau tahun depan,” ujar Rifkie di Tangerang (3/2/2023).

Rifkie menambahkan, pihaknya belajar dari prinsipal di China yang juga mengalami tahapan-tahapan sebelum benar-benar meluncurkan mobil listrik.

“Kita belajar, dari headquarter mereka pun sudah punya pengalaman 15 tahun. Karena mereka sudah duluan di fase ini, fase di mana ICE beralih ke EV,” ucap Rifkie.

Baca juga: Biar Tidak Kena Pungli, Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

“Dan kalau dari mereka yang dipelajari, di Indonesia belum terburu-buru untuk ikut dalam euforia EV, tapi kita tetap mempersiapkan. Kapan itu bisa menjadi kesempatan, kalau semua sudah fix, bisa dipertimbangkan,” kata dia.

Sebelumnya, ada kabar bahwa Chery tidak hanya akan meluncurkan Omoda 5 varian bensin tapi juga listrik.

"Di Omoda 5 kami tidak hanya mempertimbangkan SUV tapi juga pure EV (mobil listrik). Model pertama (EV) ini akan mengentak di Eropa akhir tahun," kata Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia, saat telekonferensi (17/1/2023).

Baca juga: Motor Listrik Terlaris Yadea Bernaung di Bawah Payung Indomobil

Chery Omoda 5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chery Omoda 5

Shawn mengatakan, jika ingin memasuki pasar mobil listrik di Indonesia maka pihaknya akan menghadirkan produk yang punya standar tinggi, dan dalam hal ini ialah Omoda 5 EV.

"Soal indonesia kami memikirkan soal SUV, apa hybrid atau EV di Indonesia saya lebih memilih Omoda 5 EV dengan standar tinggi. Karena kami ingin meningkatkan brand image dan reputasi jadi itu penting," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com