Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Kompas.com - 11/12/2022, 11:02 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Teknik parkir jadi hal wajib dikuasai sebelum pengemudi pemula turun ke jalan raya. Ada beberapa macam, seperti parkir maju, mundur, dan paralel.

Ketiganya membutuhkan teknik dan penguasaan skill yang berbeda. Meski begitu, pengendara mobil matik maupun manual juga penting untuk mengatur posisi gigi transmisi.

Penting diketahui, posisi gigi atau tata cara memindahkan tuas transmisi pada mobil matik yang tak dilakukan secara benar bisa merusak girboks.

Terutama berlaku saat posisi gigi transmisi berada di posisi 'D' akan dipindahkan ke 'R' atau 'P'. Kesalahan yang terjadi tersebut bisa dirasakan dari hentakan keras transmisi yang terdengar sampai kabin. 

Baca juga: Toyota Trust Bikin Mudah Kepemilikan Kijang Innova Zenix

Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin menjelaskan, untuk mengatur perpindahan gigi transmisi benar-benar halus, caranya dengan menahan beberapa saat posisi transmisi di 'N'. Hal itu tentu saja di imbangi penggunaan rem tangan.

Transmisi CVT Mitsubishi Xpander Cross 2021KOMPAS.com/ADITYO WISNU Transmisi CVT Mitsubishi Xpander Cross 2021
 

"Transmisi diberikan semacam jeda waktu istirahat sejenak. Setelah rem tangan ditarik dan mobil dipastikan berhenti total, tuas transmisi bisa digeser ke 'N' dahulu. Bunyi 'jedug' ketika parkir adalah bukti adanya benturan keras pawl locking yang dipaksa memindahkan gigi transmisi," kata Syafruddin kepada Kompas.com, Minggu (10/12/2022). 

Baca juga: Impresi Singkat Jajal Aprilia Tuareg, Motor Petualang 660cc

Posisi transmisi dari 'D' ke 'N' memang ada jeda atau pembatas, hal itu lantaran memang dirancang untuk menghindari gigi transmisi loncat. Seperti diketahui, pada posisi tersebut pawl locking sedang aktif menahan beban berat dari torsi mesin. 

"Jika dipaksakan untuk pindah posisi langsung ke 'R' (mundur) kemungkinan kerusakan serius komponen transmisi matik bisa lebih besar," kata dia. 

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Sementara itu, Hermas E Prabowo Pemilik Bengkel Worner Matic mengatakan, gigi transmisi bisa dipindahkan langsung ke 'P'. 

"Normal, aman-aman saja. Karena bunyi atau hentakan keras transmisi itu bagian dari sistem mekanikal yang bekerja," kata Hermas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com