Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Ertiga, Suzuki Mau Rakit Mobil Hybrid Lagi di Indonesia

Kompas.com - 10/12/2022, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memproduksi Ertiga Hybrid di Indonesia. Langkah ini menjadi cara Suzuki untuk turut berpartisipasi di era elektrifikasi.

Tidak berhenti pada Ertiga Hybrid, Suzuki berencana memproduksi mobil hybrid lainnya di Indonesia pada 2023. Tapi untuk produknya apa, masih belum ada informasi yang pasti.

Kami tentunya ada rencana (memproduksi kendaraan hybrid). Tapi untuk modelnya seperti apa, nanti akan kami informasikan pada saatnya," ucap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Jakarta, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Bocoran Mobil Baru Suzuki yang Meluncur Tahun Depan

 

Bukan cuma soal produksi mobil hybrid, Donny juga berbicara mengenai kemungkinan hadirnya kendaraan listrik di Indonesia. Pihaknya akan mendukung pemerintah terkait menghadirkan kendaraan listrik.

"Bicara tentang kesiapan masuk era kendaraan listrik kami siap mendukung pemerintah. Kami terus mempelajari dan meminta arahan dari principal terkait penjualan dan produksi kendaraan listrik di Indonesia," ucap Donny.

Mengenai apa produk kendaraan elektrifikasi yang akan dijual, Donny kembali tidak memberikan jawaban. Hal yang pasti, SIS akan selalu mendukung program pemerintah.

Baca juga: Keseruan Satu Dekade WCC Jelang Akhir 2022

Salah satu program pemerintah yang sekarang sudah diikuti oleh Suzuki adalah Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) dengan Suzuki Ertiga Smart Hybrid. Kemungkinan kendaraan lain yang diproduksi adalah XL7 yang sebenarnya punya dapur pacu serupa dengan Ertiga.

"Kedepannya produk yang kami produksi di Indonesia tidak hanya Ertiga, tapi model-model lain yang akan mengikuti program tersebut (LCEV)," ucap Donny.

Tapi tidak menutup kemungkinan kendaraan lain seperti Carry yang juga diproduksi di Indonesia akan mendapatkan teknologi Smart Hybrid. Apalagi Carry masih jadi jagoan Suzuki di Indonesia dalam hal penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com