Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Konsumsi BBM New Honda Vario 125 dan Yamaha Fazzio Hybrid

Kompas.com - 14/11/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertarungan skutik entry level kelas 125 cc cukup padat, tercatat ada beberapa merek yang terjun ke segmen ini karena melihat pasar yang besar.

Salah satu pemainnya ialah Honda yang baru meluncurkan New Honda Vario 125 beberapa waktu lalu. Secara kubikasi, skutik baru Honda itu bertarung dengan Yamaha Fazzio hybrid.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil

Soal desain serta fitur kedua motor ini berbeda. New Vario bergaya sporty, sedangkan Fazzio neo retro. Fitur juga berbeda sebab skutik Yamaha teknologi hibrida yang diklaim lebih irit.

Yamaha Fazzio edisi MotoGP dan World GP 60th Anniversary Livery.Dok. Yamaha SBW Yamaha Fazzio edisi MotoGP dan World GP 60th Anniversary Livery.

Untuk itu Kompas.com akan membandingkan berapa konsumsi bahan bakar keduanya.

Untuk diketahui, mesin New Vario 125 dan Vari 125 model lama sebetulnya serupa, yakni 125cc dengan teknologi eSP yang menghasilkan 8,2 kW (11,1 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda menyebut New Vario 125 merupakan skutik dengan nilai konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya. Motor mampu melaju 51,7 km per liter dengan metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

Pada tes konsumsi BBM kali ini Kompas.com menggunakan metode ukur full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Baca juga: Toyota bZ4X Mulai Pamer Diri di Bali

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Motor diajak jalan dalam kondisi bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet serta juga lengang dengan kondisi ISS menyala. Adapun bensin yang dipakai RON 92.

Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi. Motor sering dibawa kencang sesuai pemakaian normal.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 147 Km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,07 liter, hasilnya didapat 47,8 Km per liter.

Baca juga: Langkah Polisi Jika Temui Kendaraan Listrik Habis Daya Selama KTT G20

Yamaha Fazzio di booth Yamaha saat IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha Fazzio di booth Yamaha saat IIMS 2022

Adapun Fazzio Hybrid saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 120 Km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,71 liter. Hasilnya didapat 44,2 Km per liter.

Fazzio Hybrid kemudian dites lagi dengan pengendara berbeda yang memiliki profil tinggi 161 Cm dan berat 60 Kg.

Setelah menempuh jarak 69,9 km, BBM yang terpakai Fazzio sebanyak 1,00 liter. Maka hasil perhitungan konsumsi BBM mencapai 69,9 Km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com