Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2022, 16:37 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif untuk melancarkan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang.

Terutama, apabila terjadi suatu hal tidak terduga pada kendaaan listrik yang digunakan para deligasi negara. Mengingat seluruh moda transportasi pada gelaran KTT G20 merupakan kendaraan ramah lingkungan berbasis baterai.

Dijelaskan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, sedikitnya ada 127 unit kendaraan listrik yang digunakan untuk pengawalan. Mobil dan motor itu secara keseluruhan sudah disiapkan.

Baca juga: Bukan Swap Baterai, Ini Salah Satu Penghambat Pemakaian Motor Listrik

Korlantas Polri Pastikan personel dan kendaraan listrik siap dioperasikan menjelang perhelatan puncak acara presidensi KTT G20.NTMC Polri Korlantas Polri Pastikan personel dan kendaraan listrik siap dioperasikan menjelang perhelatan puncak acara presidensi KTT G20.
Lalu untuk mengantisipasi kondisi baterainya, polisi sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan melakukan pengecasan setiap 100 Km sekali.

"Artinya setelah berkurang karena dipakai pengawalan, maka malamnya langsung dicas lagi," ungkap Aan, dikutip dari NTMCPolri.info.

Ia melanjutkan, pemerintah juga sudah menyiapkan 10 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), untuk gelaran KTT G20 Bali 2022. Ditambah, 1 SPKLU khusus untuk motor listrik sehingga pengisian daya bukanlah masalah.

Jika memang terjadi masalah di jalan, polisi juga sudah menyiapkan kendaraan cadangan yang bisa digunakan untuk pengawalan. Tak sampai situ saja, para personel yang diterjunkan ke lapangan juga sudah dilatih untuk menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Para Tamu Negara KTT G20 Bali

Markas Besar (Mabes) TNI akan mengirimkan 252 kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.(Puspen TNI) Markas Besar (Mabes) TNI akan mengirimkan 252 kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) untuk mendukung kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.
Tujuan dari pelatihan itu agar para personel bisa memahami, dan meminimalisir hambatan saat menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengawalan selama KTT G20 Bali 2022.

Selain ratusan kendaraan listrik, polisi juga menyiapkan sebanyak 240 unit kendaraan konvensional untuk pengawalan dan pengamanan jalur yang dilintasi para delegasi G20.

"Personel sudah siap dan sudah dilatih, bahkan kami juga terus melakukan pelatihan dalam pengamanan di titik-titik tertentu untuk semua personel patroli, penjagaan dan pengaturan lalu lintas," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.