Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor | Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Kompas.com - 14/11/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan bebas hambatan atau jalan tol merupakan jalan yang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda empat atau lebih. Wilayah jalan tol bisa dibilang berbahaya untuk pengendara kendaraan roda dua.

Mengingat pada jalan tersebut, kendaraan roda empat melaju pada kecepatan yang cukup tinggi serta struktur jalan yang dirancang untuk kendaraan berkecepatan tinggi.

Namun, ternyata di Indonesia ada jalan tol yang bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, yaitu jalan tol Bali-Mandara.

 

Selain itu, aki mobil bisa saja tekor dalam waktu semalam saat mobil diparkir di garasi. Hal ini kerap dikeluhkan oleh sebagian orang, tiba-tiba mobil tidak bisa distarter di pagi harinya.

Ada yang mengatakan, hal itu bisa terjadi karena selama mobil parkir sakelar AC masih pada posisi hidup, maka dari itu arus listrik di aki terbuang sia-sia. Namun, apakah benar anggapan tersebut?

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 13 November 2022 :

 

 

1. Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor

Secara hukum, hal ini juga diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Tepatnya pada Pasal 38 ayat (1a), dijelaskan bahwa pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Sebelumnya, jembatan tol Surabaya-Madura (Suramadu) yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 juga bisa dilewati oleh kendaraan bermotor roda dua.

Baca juga: Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor

 

 

2. Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

Interior Wuling Almaz HybridKompas.com/Sendy Interior Wuling Almaz Hybrid

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan yang membuat aki tekor dalam semalam bukan sakelar AC karena selama kunci kontak Off maka arus listrik tidak akan mengalir ke sistem AC.

Sistem AC tidak akan aktif selama kunci kontak Off, jadi meski sakelar AC dalam posisi On maka hal itu tidak akan berpengaruh terhadap aki selama tidak ada kebocoran arus listrik,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Dia mengatakan justru peluang terjadinya aki tekor karena arus listrik bocor adalah sistem elektrikal yang tetap bisa hidup meski dalam kondisi kunci kontak Off, seperti lampu.

Baca juga: Ini yang Bisa Bikin Aki Mobil Tekor dalam Waktu Semalam

3. Bukan Swap Baterai, Ini Salah Satu Penghambat Pemakaian Motor Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com