Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Kembali Jadi Saksi Penobatan Juara Dunia WorldSBK

Kompas.com - 14/11/2022, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Circuit kembali menjadi saksi dinobatkannya juara dunia World Superbike (WorldSBK). Kali ini, juaranya adalah Alvaro Bautista.

Bautista berhasil melawan pebalap Yamaha Toprak Razgatlioglu, juara dunia WorldSBK 2021, pada sebagian besar balapan. Bautista berhasil melakukannya sebelum Toprak menghasilkan lap tercepat berturut-turut di akhir balapan yang menghasilkan jarak satu detik yang memisahkan keduanya.

Baca juga: Jelang WorldSBK Indonesia, Kerb Sirkuit Mandalika Makin Mirip Misano

Meski WorldSBK Mandalika hanya yang kedua musim ini di mana Bautista gagal memenangkan balapan, pebalap Spanyol itu tampil impresif secara konsisten untuk kembali menjadi penantang sebelum mengunci gelar.

Fans dan fotografer mengabadikan pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista selebrasi juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.com/Suci Rahayu Fans dan fotografer mengabadikan pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista selebrasi juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

"Menakjubkan! Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang mempercayai saya. Untuk memberi saya kesempatan bertarung untuk posisi yang bagus, untuk balapan, dan kami mendapatkan gelar juara dunia," ujar Bautista, dikutip dari Crash.net, Senin (14/11/2022).

"Terima kasih Ducati dan motor saya. Hari ini adalah pertama kalinya saya merasa sedikit gugup atau stres, yaitu di Race 2 di grid. Saya mencoba mengatur emosi dan ketika saya ada di urutan pertama, saya melakukan banyak kesalahan, karena terlalu banyak pikiran di kepalaku," kata Bautista.

Baca juga: Begini Cara Toprak Atasi Cuaca Panas Sirkuit Mandalika

“Saya hanya lebih memilih untuk tetap berada di urutan kedua di belakang Toprak dan dia sangat kuat, sehingga saya tidak bisa mengikutinya. Saya hanya berusaha menyelesaikan balapan," ujarnya.

Pebalap asal Spanyol Alvaro Bautista juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Pebalap asal Spanyol Alvaro Bautista juara dunia World Superbike 2022 lebih awal di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

Bautista menambahkan, dirinya juga mengucapkan selamat kepada Toprak dan Jonathan Rea. Dia mengaku sangat sulit untuk mengalahkan kedua pebalap tersebut.

Musim lalu, Toprak juga berhasil mengunci gelar juara dunia WorldSBK di Sirkuit Mandalika. Tahun lalu, sirkuit ini menjadi tuan rumah untuk seri terakhir. Tapi, tahun ini berubah menjadi seri kedua dari terakhir.

Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Terkini, Alvaro Bautista dipastikan sebagai juara dunia usai menempati podium dalam Race 2 WSBK Mandalika 2022, Minggu (13/11/2022). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/tom.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Pebalap Aruba.it-Ducati Alvaro Bautista memacu kecepatan pada Race 1 WSBK Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Terkini, Alvaro Bautista dipastikan sebagai juara dunia usai menempati podium dalam Race 2 WSBK Mandalika 2022, Minggu (13/11/2022). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/tom.

Sedangkan untuk MotoGP 2023, jadwal untuk Mandalika juga mengalami perubahan. Jika pada 2022 digelar pada Maret, untuk tahun depan, menurut jadwal sementara yang dirilis Dorna Sports, Indonesia akan menjadi seri ke-16 yang digelar pada 13-15 Oktober 2023.

Tahun ini sepertinya menjadi tahunnya Ducati meraih kesuksesan di dunia balap. Sepekan sebelumnya, Ducati juga berhasil meraih gelar juara dunia di MotoGP melalui pebalapnya, yakni Francesco Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com