Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden China Xi Jinping Pakai Limosin Hongqi N701 buat KTT G20

Kompas.com - 13/11/2022, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden China, Xi Jinping dipastikan bakal hadir di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Menariknya, orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu tersebut membawa mobil khusus untuk menunjang mobilitasnya. Dikabarkan, kendaraan berkode Hongqi N701 itu sudah sampai di kawasan perhelatan.

"Atas undangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Presiden Xi Jinping akan menghadiri KTT ke-17 G20 di Bali pada 14-17 November," demikian pernyataan Kemenlu China, dilansir Antara belum lama ini.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Para Tamu Negara KTT G20 Bali

Mobil kepresidenan Presiden China, Xi Jinping, Hongqi N701.dok.Reuters Mobil kepresidenan Presiden China, Xi Jinping, Hongqi N701.

Keputusan membawa mobil kenegaraan sendiri sebenarnya diperbolehkan saja, bahkan yang berlapis baja sekalipun, sebagaimana dikatakan oleh Sekertaris Kementerian Sekertariat Negara Setya Utama di kesempatan terpisah.

Hal itu, sesuai dengan asas resiprokal hubungan antar negara. Yang mana, Indonesia pun pernah menerima perlakuan sama dalam pertemuan lain.

Limosin berfitur keamanan tinggi tersebut sebenarnya bukan yang pertama kali digunakan Xi Jinping. Pada beragam aktivitas sebelumnya, ia memang kerap memakai kendaraan berharga sekitar Rp 10 miliar itu.

N701 sejatinya merupakan nama kode. Mobil hanya dibangun 50 unit saja selama 10 tahun ke depan. Sehingga benar-benar khusus.

Kerahasiaan itu pula berlaku pada spesifikasi detil mobil. Namun diketahui bila kendaraan memiliki berat 3 ton karena beberapa bagian sangat kokoh seperti handle pintu dari batu giok mewah.

Baca juga: 30 Bus Listrik Jadi Angkutan Penumpang selama KTT G20

Mobil kepresidenan Presiden China, Xi Jinping, Hongqi N701.dok.Reuters Mobil kepresidenan Presiden China, Xi Jinping, Hongqi N701.

Bicara dapur pacu, agaknya mobil menggunakan mesin V12 atau V8. Sebab bila melihat produk terbaru dari Hongqi yaitu LS7, ditenagai mesin V8 4.0 liter turbo-charge dengan tenaga 360 Tk dan torsi 550 Nm.

Bagian belakang mobil terlihat ada dua pipa knalpot, antena sirip hiu di atap, dan jendela belakang yang sangat besar.

Pada kebanyakan limosin negara bagian, jendela belakang kecil dan sempit, untuk melindungi penumpang dari orang-orang yang marah menembakkan peluru atau melempar barang.

Tapi mobil itu memang tampak berlapis baja. Karakter di belakang: tengah: , Hongqi, dalam bahasa Cina tulisan tangan. Kiri-bawah: , Zhongguo Yiqi, atau China First Auto, dengan First Auto mengacu pada First Auto Works (FAW), pemilik merek Hongqi.

Kemudian, N701 digawangi oleh Trumpchi GA8, dan diikuti oleh beberapa BMW polisi Hong Kong. Sehingga secara keseluruhan, mobil nampak gagah serta kokoh, tidak kalah dengan limusin kepresidenan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com