Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Servis Makan Bus, dari Prasmanan sampai Pilihan Menu

Kompas.com - 17/09/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika naik bus AKAP, penumpang biasanya mendapatkan servis makan saat bus sedang beristirahat. Sebenarnya, setiap kelas layanan bisa menentukan apakah termasuk servis makan atau belum.

Setiap Pengusaha Otobus (PO) biasanya punya menu yang berbeda-beda. Selain itu, seiring berjalannya waktu, servis makan yang diberikan PO bus terus berkembang.

Seperti yang diunggah Agung Hariyanto di laman Facebook Bismania Community. Ada beberapa foto yang menampilkan berbagai servis makan dari PO dengan rute yang berbeda-beda.

Baca juga: Daimler Galau Datangkan Bus Listrik ke Indonesia, Biaya Impor Tinggi

 

Nampak ada servis makan dari PO Sumber Alam, Sinar Jaya, Tividi, Rosalia Indah, dan Gunung Harta. Menurutnya, servis makan setiap PO terus berkembang sampai sekarang.

"Tadinya semua standar sekali (servis makan), bahkan ada beberapa PO yang hanya boleh memilih satu macam lauk. Misal kalau jatahnya ayam terus mau ambil telur, harus bayar kelebihannya," ucap Agung kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Kalau bahas servis makan sekarang, sudah lebih baik karena ada yang memberi pilihan menu. Misal sedang ingin makan soto, atau bakso, nasi goreng, bisa juga memilih prasmanan.

Baca juga: Punya Bujet Rp 40 Jutaan, Ini Pilihan MPV Bekas buat Keluarga

"Menurut saya Rosalia Indah pionir dari perubahan menu. Ada juga upgrade (makan) di restoran walaupun kadang harus membayar selisihnya," ucap Agung.

Bisa dilihat pada unggahan foto milik Agung, menu standar dari Rosalia Indah adalah prasmanan nasi, ayam, dan sup. Sedangkan kalau upgrade, bisa memilih menu seperti nasi goreng.

Menurut Agung, kurang enak kalau makan tapi menunya terbatas, apalagi kalau tempat makannya bergabung dengan PO lainnya. Jadi lebih nyaman kalau servis makan di restoran yang khusus untuk satu PO.

"Kalau PO Besar seperti Sinar Jaya, Gunung Harta, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah beberapa sudah punya (restoran sendiri). Untuk yang lain idealnya punya restoran sendiri, jadi lebih nyaman untuk penumpang," ucapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com