Sudah Tahu Perbedaan Empat Jenis Rambu Lalu Lintas di Jalan?

Kompas.com - 06/08/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambu lalu lintas di jalan raya menjadi salah satu petunjuk untuk menjaga mobilitas dan pergerakan kendaraan di jalan raya.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, dijelaskan bahwa perlengkapan tersebut memiliki fungsi sebagai peringatan larangan, perintah, atau petunjuk bagi tiap pengguna jalan.

Perlengkapan jalan ini merupakan lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan di antara keempatnya.

Baca juga: Kasus Kecelakaan Beruntun di Km 92, Banyak Rambu yang Salah

Mengutip dari peraturan tersebut, pada pasal ketiga dijelaskan bahwa rambu lalu lintas dibagi menjadi empat jenis:

  • Rambu peringatan
  • Rambu larangan
  • Rambu perintah
  • Rambu petunjuk

Yang pertama adalah rambu peringatan. Tujuannya adalah memberi peringatan kepada pengguna jalan terkait potensi bahaya.

Ciri-cirinya adalah warna dasar kuning dengan garis tepi berwarna hitam. Warna lambang, huruf ataupun angkanya juga berwarna hitam. Contoh rambu ini ialah rambu tanjakan curam, atau rambu penyempitan jalan.

Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini.Febri Ardani/KompasOtomotif - Berbagai sumber Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini.

Baca juga: Bahan Bakar Minyak yang Disarankan untuk Hyundai Stargazer

Yang kedua, rambu larangan. Serupa dengan rambu peringatan, namun sifatnya melarang pengguna jalan untuk melintas atau melakukan aktivitas tertentu.

Ciri utamanya ialah warna dasarnya adalah merah, dengan tulisan atau simbol berwarna dasar hitam. Berbeda dengan rambu peringatan, rambu larangan bentuknya adalah lingkaran. Misal, tanda larangan parkir, dengan tanda huruf P dicoret atau diberi garis miring.

Yang ketiga ialah rambu perintah. Rambu ini bersifat sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya adalah memberikan perintah yang wajib dilakukan oleh pengguna jalan. 

Ciri-ciri rambu ini adalah warna dasar biru. Sedangkan garis tepi, lambang, warna huruf atau angka serta kata-katanya berwarna putih. Contoh rambu perintah, misalnya rambu wajib mengikuti ke arah kiri ataupun kanan.

Terakhir, rambu petunjuk. Rambu ini fungsinya memberikan panduan atau informasi pada pengguna jalan yang melintas.

Cirinya adalah memiliki warna dasar hijau. Sedangkan garis tepi, lambang, huruf dan angkanya berwarna putih.

Contoh rambu petunjuk, misalnya petunjuk arah ke suatu tempat atau daerah tertentu di area jalan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.