Kompas.com - 03/08/2022, 11:02 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - AC mobil memiliki rangkaian sistem yang saling berkaitan. Jika salah satu komponen bermasalah, maka efeknya bisa membuat performa sistem penyejuk kabin ini menurun.

Itu sebabnya ada banyak faktor yang dapat membuat AC tidak mampu mendinginkan udara di kabin. Salah satunya yaitu AC mengalami pembekuan atau ngefrost.

Sistem AC mobil yang normal seharusnya tidak membiarkan evaporator terlalu dingin bahkan sampai membeku. AC mobil ada sistem antibeku yang senantiasa menjaga suhu ideal evaporator.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin tapi Selangnya Beku, Ini Penyebabnya

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, ada sensor yang menempel pada evaporator atau thermistor yang bertugas membatasi kerja kompresor begitu suhunya sudah menyentuh batas minimal.

“Sensor yang menempel di evaporator tidak lagi mampu membaca sampai -2 derajat, seharusnya saat suhu minus kompresor dimatikan secara sistem, agar aliran freon dari kompresor terhenti,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan freon yang tidak dihentikan begitu suhu sudah menyentuh batas terendah lama kelamaan akan membuat evaporator membeku. Sehingga akan mengalami penyumbatan pada kisi-kisinya.

“Thermistor itu bisa rusak sehingga sistem pemutusan freon tidak bekerja dengan baik, kompressor tetap saja bekerja tidak putus nyambung seperti biasanya,” ucap Ibrohim.

Dia juga menjelaskan dalam sistem AC yang memegang peran penting menciptakan antibeku adalah thermistor serta komponen pendukungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.