Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Naik, Avanza dan Veloz Jadi yang Terlaris di Segmen LMPV

Kompas.com - 01/07/2022, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru Avanza dan Veloz pada November tahun lalu.

Kedua model ini mendapat pembaruan yang menyeluruh, baik dari desain basis yang digunakan maupun fitur-fitur barunya.

Sejak kemunculannya, Avanza dan Veloz mendapat sambutan positif dari para pecinta otomotif.

Berdasarkan data, dari total penjualan kedua LMPV tersebut, Toyota berhasil menguasai 41,2 persen market share, naik dari tahun 2019 yang berada pada level 32,3 persen (Avanza 21,8 persen, Veloz 10,5 persen).

Baca juga: Respons Toyota Jelang Kehadiran Hyundai Stargazer, Calon Lawan Avanza

Jika dilihat berdasarkan komposisi tipenya, lebih dari 44 persen atau mayoritas penjualan All New Avanza adalah dengan tipe G MT (manual). Sementara tipe favorit pada All New Veloz adalah Q CVT, dengan komposisi lebih dari 39 persen.

Komposisi tipe Q CVT TSS juga cukup tinggi, yaitu lebih dari 35 persen. Hal ini menandakan antusiasme pelanggan terhadap teknologi, termasuk TSS yang disematkan pada All New Veloz, semakin positif.

All New VelozDoc Toyota All New Veloz

“Meski sempat terdampak pandemi pada tahun 2020 – 2021, di tahun 2022 rata-rata penjualan Avanza dan Veloz berhasil menembus angka 6.135 unit dimana dulu masih bergerak di angka rerata 5100 unit,” ucap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Begini Cara Atur Sudut Pandang Spion Tengah

Anton melanjutkan, menariknya komposisi penjualan Veloz meningkat tajam dari rata-rata menyumbang 10-12 persen dari penjualan Avanza dan Veloz, sekarang naik ke hampir 17 persen.

Artinya, terdapat kenaikan lebih dari 10 persen hingga kini Veloz bisa menyumbang lebih dari 40 persen dari total penjualan Avanza dan Veloz.

“Kami bersyukur berbagai teknologi yang kami sematkan pada keduanya, khususnya TSS mendapatkan apresiasi yang baik dari pelanggan sehingga Veloz sebagai advance 7-seater MPV dapat memberikan kontribusi lebih baik di market LMPV,” ucap Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com