Begini Cara Atur Sudut Pandang Spion Tengah

Kompas.com - 01/07/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil, ada tiga kaca spion yang berfungsi untuk memberikan visibilitas area samping dan belakang kendaraan untuk pengemudi. Spion yang berada di jendela depan, kabin mobil, di atas dasbor adalah spion tengah.

Spion ini berfungsi untuk memberikan visibilitas kepada pengemudi terhadap isi kabin kendaraan dan juga area belakang di luar kendaraan, bisa dipakai saat mobil sedang mundur.

Baca juga: Jangan Cuma Andalkan Spion Saat Kendaraan Mau Belok

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan bahwa spion belakang harus memberikan informasi yang luas terkait area belakang bagi pengemudi.

"Pertama mengatur kaca spion tengah, center mirror ini punya domain area tengah. Dengan melihat center mirror, pengendara harus bisa melihat citra lurus ke area belakang," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinarStanly/KompasOtomotif Tuas kaca spion punya fungsi penting sebagai penangkal sinar

Baca juga: Masih Banyak Pelaku Lane Hogger di Jalan Tol Belum Sadar Bahaya

Sementara itu, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan bahwa spion tengah bisa membantu pengemudi melihat ke arah belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Ini memberikan informasi jarak mobil dengan objek lain yang ada di belakang mobil.

Deni menjelaskan, bahwa kaca spion diatur sesuai dengan postur tubuh pengemudi dan posisi mengemudi yang nyaman.

"Sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara Anda. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok," ucap Deni kepada Kompas.com.

Kemudian, jika posisi berkendara sudah nyaman, pengemudi bisa mulai mengatur spion tengah dengan cara menekannya ke atas, bawah, kanan ataupun kiri. Patokannya, usahakan kepala tidak harus banyak bergerak saat mata melihat spion tengah; visibilitasnya sudah luas tanpa pengemudi harus banyak bergerak.

"“Pastikan dapat melihat posisi belakang mobil, agar kita dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain," ucap Deni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.