Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Menggunakan Kaca Film Bisa Buat Mobil Lebih Hemat BBM?

Kompas.com - 01/07/2022, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk bisa menekan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) saat berkendara, khususnya pada mobil.

Salah satu yang cukup populer ialah menggunakan kaca film yang punya tingkat kegelapan tertentu. Ada informasi kalau menggunakan kaca film pada jendela mobil, bisa meningkatkan efisiensi konsumsi BBM

Apakah benar?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan sebenarnya anggapan tersebut tidak seluruhnya benar. Pasalnya, fungsi kaca film tidak berpengaruh langsung pada kinerja mesin.

Tetapi memang diakui dengan menggunakan kaca film, kinerja AC akan lebih optimal dalam mendinginkan suhu kabin karena sinar matahari yang masuk menjadi tereduksi.

Baca juga: Daftar Kerugian jika Mobil Mewah Sering Isi Pertalite

Kaca film MazdaICE-µ Premium Window Film Kaca film Mazda

Kaca film dapat mencegah panas sinar matahari ke kabin maka kinerja AC akan semakin ringan. Beban mesin juga menjadi tak berat, hal inilah yang bisa membuat BBM menjadi lebih irit,” ujar dia kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Tetapi itu tidak signifikan. Lebih penting lagi ialah gaya berkendara si pengendara mobil sendiri," lanjut Anjar.

Hal serupa juga dikatakan Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi dalam kesempatan terpisah.

Baca juga: Catat, Kriteria Kendaraan yang Tidak Boleh Beli Pertalite dan Solar

Menurut dia, gaya berkendara dan kondisi kendaraan terkait lebih besar kontribusinya terhadap konsumsi BBM dibanding penggunaan kaca film. Artinya, apabila mobil jarang diservis tapi kaca filmnya gelap sama aja.

"Pun demikian soal penggunaan BBM-nya sampai kondisi jalan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi efisiensi, tidak hanya soal kaca film saja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com