Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Tertarik Menggantikan Suzuki di MotoGP

Kompas.com - 13/06/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki tiba-tiba memutuskan untuk keluar dari MotoGP akhir musim ini. Menyisakan lima pabrikan, yakni Yamaha, Honda, Ducati, KTM, dan Aprilia yang berlaga. 

Sejak keputusan tersebut, ada beberapa tim yang dikabarkan siap melangkah ke MotoGP. Namun, Dorna Sports tidak ingin ada tambahan tim satelit, melainkan pabrikan.

"Jika ada pabrikan yang benar-benar tertarik dengan Kejuaraan Dunia MotoGP dan memutuskan untuk berpartisipasi dan investasi dalam jangka panjang, kami selalu terbuka untuk diskusi," ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Speedweek.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Dari beberapa pabrikan yang tertarik, BMW Motorrad dikabarkan memiliki prospek paling memungkinkan. Apalagi, divisi BMW Motorsport sudah mulai terjun ke roda dua dengan meluncurkan M 1000 RR.

BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan BMW M 1000 RRFoto: Sukimin Thio/ BMW Motorrad Indonesia BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan BMW M 1000 RR

Seorang manajer yang levelnya sudah tinggi di BMW mengatakan, bagi BMW Motorrad dan BMW AG, MotoGP selalu menjadi pertimbangan. Tapi, tergantung dari siapa yang mengambil keputusan akhir.

Beberapa petinggi di BMW sudah tertarik, tapi beberapa jajaran direksi di BMW AG memperlambatnya. Masih ada ketakutan gagal meraih kesuksesan.

Baca juga: Repsol Serang Valentino Rossi Soal Ban di Era Awal MotoGP

MotoGP dikenal membutuhkan anggaran yang sangat besar. Namun, dengan adanya regulasi ECU standar dan ban satu merek, anggaran di MotoGP bisa ditekan sangat rendah dibanding 15 tahun lalu.

BMW M 1000 RRBMW Motorrad BMW M 1000 RR

Anggaran sekitar 20 juta Euro atau Rp 307 miliaran per tahun diyakini sudah cukup. Anggaran sebesar itu juga sama seperti yang dikeluarkan oleh BMW pada ajang World Superbike (WorldSBK) dan Endurance World Championship (EWC). Tapi, uang investasi berkali-kali lipat lebih besar di MotoGP.

Selain itu, BMW Motorrad yang merupakan pabrikan motor kedua terbesar di Eropa disebut sanggup untuk turun di MotoGP secara finansial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com