Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pebalap Gresini Racing Gagal Raih Poin di MotoGP Catalunya

Kompas.com - 06/06/2022, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Gresini Racing MotoGP yang disponsori oleh Federal Oil sudah berusaha tampil maksimal pada MotoGP Catalunya 2022. Sayangnya, hasil berkata lain.

Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh. Keduanya sama-sama mengalami kendala pada ban depan.

Bastianini yang sebelumnya start dari posisi ke-14, sudah bisa masuk ke rombongan pebalap terdepan.

Hanya beberapa lap, Ducati Desemosedici GP21 miliknya bisa membawanya hingga posisi ketujuh. Namun, dia terjatuh saat masuk lap ketujuh.

Baca juga: 2 Pebalap Gresini Racing Siap Bangkit pada MotoGP Catalunya

Sementara rekan setimnya yang akrab disapa Diggia, sudah dapat posisi start yang cukup baik, yakni urutan kelima.

Dia mencoba menerapkan strategi agar bisa finis sepuluh besar. Sayangnya, pebalap yang akrab dipanggil Diggia ini terjatuh saat di lap kedelapan.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022

“Saya tiba-tiba kehilangan cengkeraman ban depan, terjadi lagi. Memang balapan yang sangat perlu kewaspadaan sejak awal start. Saya mencoba mempertahankan kecepatan motor, tapi ada sesuatu yang salah. Sangat disayangkan alami insiden, tapi kami sudah mulai menguasai semuanya. Harus bersiap, sudah saatnya kami tampil di depan,” ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, memahami kekecewaan Bastianini dan Diggia.

"Padahal, keduanya sudah berusaha bikin bangga Indonesia dengan Diggia start dari posisi kelima dan Enea mampu memperbaiki posisi hingga berada di rombongan terdepan di posisi tujuh. Beruntung keduanya tidak mengalami cidera usai insiden,” kata Sri Adinegara.

Baca juga: Sandiaga Uno Lepas Komunitas Bikers Dukung Gresini Racing

Untuk seri berikutnya, MotoGP Jerman, Sri Adinegara mengharapkan Enea dan Diggia dapat menunjukkan talentanya kembali untuk bisa mengumpulkan poin di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2022

“Keduanya punya potensi untuk naik podium ganda dan saling bersaing untuk titel Juara Dunia MotoGP 2022 yang saat ini masih terbuka lebar. Semoga di GP Jerman mendatang, Enea dan Diggia bisa segera bangkit untuk kembali menguasai motor, agar dapat melihat mereka berada di podium dan bikin bangga Indonesia,” ujar Sri Adinegara.

Saat ini, Bastianini masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2022 dengan total 94 poin. Dia masih tertinggal 53 poin dari pemegang posisi puncak Fabio Quartararo. Sementara Diggia, masih di peringkat ke-21 dengan perolehan 8 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com