Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Kompas.com - 12/06/2022, 18:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tim pabrikan asal Jepang, Suzuki, resmi mundur dari MotoGP selepas musim 2022.

Alasan finansial menjadi faktor utama Suzuki pamit dari MotoGP. Dua pebalap mereka, yakni Alex Rins dan Joan Mir pun menjadi korban.

Joan Mir, digosipkan akan ke Repsol Honda untuk menggantikan Pol Espargaro. Akan tetapi, kabar itu masih sebatas rumor belaka.

Sementara, Alex Rins harus bekerja keras menemukan tempat untuk melanjutkan karirnya di MotoGP musim depan.

Baca juga: Repsol Serang Valentino Rossi Soal Ban di Era Awal MotoGP

Rins mengatakan, managernya sudah mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa tim. Namun, rider berusia 26 tahun itu masih harus memilih mana yang cocok baginya.

“Kami akan melihat di masa depan di mana kami berada. Keputusan ini rumit. Suka atau tidak, saya melakoni debut dengan mereka (Suzuki) dan saya baik-baik saja. Tidak ada dalam rencana saya untuk pergi ke tempat lain, tetapi itu harus,” ucap Rins dikutip dari Motosan, Minggu (12/6/2022).

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020. AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

Rumor mengatakan, rider asal Spanyol ini bakal merapat ke Aprilia Racing untuk MotoGP 2023. Namun, Rins tidak akan bergabung dengan tim pabrikan lantaran kedua rider tim tersebut yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, telah memperpanjang kontrak mereka.

Rins dikabarkan akan balapan untuk tim satelit baru Aprilia, yakni RNF Racing.

RNF Racing yang berpisah dari Yamaha akan menjadi tim satelit Aprilia mulai 2022. Dikutip dari Corsedimoto, nama Rins dan Raul Fernandez (Red Bull KTM Tech3) masuk dalam daftar pebalap yang diincar oleh RNF Racing.

Baca juga: Pahami Fungsi Tombol OD pada Tuas Transmisi Matik

Tawaran ini tentu menjadi dilema besar bagi Alex Rins. Di satu sisi, bergabung dengan RNF Racing yang berstatus tim satelit, merupakan salah satu jalan bagi Rins untuk tetap balapan di MotoGP.

Namun di sisi lain, Rins harus merelakan gajinya berkurang secara signifikan atau dibayar lebih rendah, tidak seperti saat dirinya balapan dengan tim pabrikan Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com