Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Arti Lampu Indikator Suhu Mesin Mobil

Kompas.com - 05/06/2022, 14:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika seseorang duduk di bangku pengemudi, maka dia akan melihat banyak lampu indikator pada instrumen panel mobil.

Lampu-lampu tersebut berfungsi sebagai informasi kepada pengemudi tentang kondisi kendaraan pada saat itu.

Salah satu yang termasuk penting adalah lampu indikator suhu air pendingin. Lampu ini terletak di panel meter sebagai tanda apakah sistem pendinginan mesin berjalan normal atau ada kendala. Seperti yang dipahami, mesin memerlukan suhu kerja ideal untuk menjaga peforma.

Maka dari itu, memahami maksud lampu ini menjadi penting bagi pengemudi atau pemilik kendaraan.

Minimal, Anda menjadi mengetahui kondisi kendaraan lebih dini sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih dini pula.

Baca juga: Deteksi Mobil Alami Overheat Saat Liburan, Jangan Sampai Terlambat

Dengan begitu, Anda dapat menjaga serta merawat kendaraan dengan maksimal. Bukankah setiap pengguna menginginkan mobil yang dikendarainya aman serta nyaman selama perjalanan? Nah, merawat adalah kuncinya.

Ilustrasi mobil mengalami overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mengalami overheat

“Bila kunci kontak diputar ke posisi On, lampu ini menyala sebentar. Sehingga pengendara dapat memastikan apakah lampu bekerja,” ujar Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 2W, 4W and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ini artinya, ketika kunci kontak diputar ke On tapi lampu indikator tidak menyala maka Anda perlu waspada karena pengendara menjadi tidak dapat mengetahui apakah sistem pendinginan mesin berjalan normal atau tidak.

Baca juga: Tidak Ada Indikator, Bagaimana Cara Tahu Mesin Mobil Alami Overheat?

Sebab, kendaraan yang tidak memiliki sistem pendiginan yang baik bisa mengalami overheat. Jika keadaan ini terus dipaksakan maka bisa berakibat fatal mulai dari rusaknya komponen sistem pendingin hingga komponen mesin.

“Lampu suhu cairan pendingin rendah (warna biru). Lampu ini terus menyala ketika mesin masih dingin dan mati jika mesin telah dipanaskan,” tambah Riecky.

Begitu mesin dinyalakan maka sewajarnya lampu indikator ini mati atau muncul lampu berwarna biru jika memang kondisi mesin masih dingin.

Baca juga: Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik, Lakukan Hal Ini

Sedangkan bila yang muncul atau berkedip adalah lampu indikator suhu air pendingin berwarna merah ketika mobil sedang berjalan, maka kemungkinan besar telah terjadi masalah. Ini menandakan mesin mengalami overheat atau panas berlebih.

Jika hal ini menimpa Anda, segera lah hentikan mobil dan hubungi bengkel kepercayaan guna menghindari kerusakan yang lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com