Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Macet Saat Mudik, Begini Cara Cegah Mesin Overheat

Kompas.com - 19/04/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan mudik jelang Lebaran akhirnya diizinkan kembali. Pemerintah memprediksi akan ada 23 juta mobil yang melakukan perjalanan tersebut.

Dengan banyaknya kendaraan itu, maka kemungkinan besar macet di beberapa titik juga tidak terelakkan. Dalam kondisi macet, sering kali ditemui beberapa masalah pada mobil.

Baca juga: Begini Cara Benar Isi Air Radiator Mobil Sendiri

Salah satunya ketika temperatur mesin menjadi sangat tinggi dan mengalami overheat. Sehingga, mesin menjadi mogok dan tidak bisa dijalankan.

Lampu indikator suhu radiator pada mobilcarfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, penyebab terjadinya overheat di mesin adalah malfungsi di sistem pendinginan, bisa dari bocor, kipas radiator mati, karat, dan lain-lain.

“Bocor sendiri bisa dari radiator, tutup radiator, selang-selang, water pump dan lainnya. Kebocoran ini biasanya dikarenakan radiator yang diisi air, sehingga menyebabkan karat,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Radiator Mobil Bermasalah

Jika kipas radiator mati, maka pendinginan oli mesin tidak akan maksimal. Kipas radiator biasanya terdiri dari dua macam, elektrikal dan digerakkan oleh belt.

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

“Kalau yang elektrikal, kipas mati karena sudah usianya. Sedangkan kalau yang belt, lihat tegangannya dan kondisinya secara berkala, kalau sudah retak-retak, sebaiknya diganti” kata Didi.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, faktor lainnya yang menyebabkan mesin overheat adalah katup thermostat yang macet dalam kondisi menutup. Katup ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator.

Fan radiator di mobilStanly/Otomania Fan radiator di mobil

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” ujar Suparna.

Selain itu, water pump juga bisa menjadi penyebab mobil mengalami overheat. Sebab, jika water pump mati atau macet, sirkulasi air pendingin berhenti. Kondisi ini mengakibatkan naiknya temperatur mesin, karena tidak ada air yang dipompa untuk mendinginkan mesin.

Jika diperhatikan, faktor penyebab mobil mengalami overheat sebagian besar berasal dari radiator. Untuk itu, komponen ini penting untuk diperhatikan kondisinya sebelum melakukan perjalanan mudik. Pembersihan serta penggunaan cairan radiator yang tepat juga termasuk langkah perawatan untuk membuat radiator tetap bekerja maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com