Mau Pelihara Suzuki Katana Lawas, Harga Sekennya Mulai Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 05/06/2022, 12:41 WIB

 

SEMARANG,KOMPAS.com - Bermodal tipis tapi pengen beli mobil seken, ada beberapa pilihan mobil bekas, pecinta otomotif dapat memasukan Suzuki Katana ke dalam daftar buruan mobil murah.

Hanya bermodalkan Rp 30 jutaan, SUV mungil ini bisa jadi teman setia menyusuri padatnya jalan perkotaan. Begitu pula, saat pemiliknya ingin mencicipi medan offroad, cukup merombak ringan sektor dapur pacu maupun suspensi.

Suzuki Katana merupakan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) yang diproduksi sejak 1986. Awalnya Katana di hadirkan sebagai variasi generasi Jimny.

Bedanya jika Jimny dibekali sistem penggerak 4 roda alias 4x4, Katana datang dengan modal penggerak 4x2. 

Urusan dapur pacu, Katana mengandalkan mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A. Dimensinya tergolong mungil, mobil ini punya panjang 3.100 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.800 mm. Alhasil, kapasitas maksimal penumpang hanya mampu memuat hingga 4 orang. 

Baca juga: 5 Cara Olah Beras Merah yang Benar, Hasilnya Pulen dan Tidak Keras

Kempes, pemilik bengkel Anugrah Abadi Demak mengatakan, dasar pertimbangan sebelum membeli Suzuki Katana, poin penting yang wajib di perhatikan adalah bagian sasis.

"Ngolong, cek bagian sasis kalau ada keropos tulangan jangan beli. Biaya perbaikan mahal, lebih baik cari unit lain," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Suzuki KatanaDicky Aditya Wijaya Suzuki Katana

Tak kalah penting, pada bagian mesin, calon pembeli wajib memastikan tidak ada rembesan oli di bagian bawah atau cylinder head.

"Saat mesin menyala, jika terdengar bunyi aneh, artinya unit kurang fit. Tetapi sumber masalah biasanya asalnya dari packing getas," katanya.

Langkah terakhir, calon pembeli Suzuki Katana wajib melakukan test drive kendaraan. Dengan begitu, dapat diketahui bantingan suspensi, pengereman, dan tarikan mesin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.