Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Fasilitas Transportasi

Kompas.com - 18/02/2022, 12:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDirektorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyiapkan dukungan untuk perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB, pada 18-20 Maret 2022.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, mengatakan, pihaknya menganggarkan total biaya Rp 21,2 miliar untuk gelaran tersebut.

“Secara bertahap kami di Ditjen Hubdat memberikan beberapa dukungan, baik berupa fasilitas keselamatan, juga transportasinya," ujar Budi, dalam keterangan tertulis (17/2/2022).

Baca juga: Viral, Video Emak-emak Nekat Terobos Jalan Cor yang Masih Basah

Shuttle bus model lower deck beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (29/5/2017).Dokumentasi PT Angkasa Pura II Shuttle bus model lower deck beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (29/5/2017).

Pertama, dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp 5,4 Miliar dengan kebutuhan 188 unit di mana 85 unit bus dari Kemenhub dan 103 unit dari ITDC untuk shuttle bus di kawasan Mandalika.

Jumlah bus tersebut telah disesuaikan untuk mengangkut penumpang sebanyak 63 ribu orang dan dapat digunakan secara gratis.

Sementara itu, akan ada dukungan berupa bus antarmoda untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute yang menghubungkan pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Motor Keyless Dirampas Begal

Bus masuk terminal Anak Aia Padang sejak dioperasikan Jumat (24/12/2021) laluKOMPAS.COM/PERDANA PUTRA Bus masuk terminal Anak Aia Padang sejak dioperasikan Jumat (24/12/2021) lalu

“Untuk bus antarmoda kami siapkan 278 bus. Nantinya semua pergerakan penumpang baik di dalam kawasan maupun di luar akan menggunakan angkutan yang disediakan. Berikutnya pembangunan 4 halte bus dan Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk mendukung beberapa ruas jalan,” ucap Budi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempersiapkan sebuah skema Manajemen Rekayasa Lalu lintas (MRLL).

“Dengan peningkatan kendaraan dan banyaknya masyarakat tentunya akan banyak kendaraan yang memicu kemacetan," kata Budi.

Baca juga: Perbandingan Teknis Toyota Voxy dan Nissan Serena, Siapa Unggul?

Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Oleh karena itu kami bekerja sama dengan Kepolisian akan menyiapkan MRLL sehingga diharapkan kelancaran akan terjamin dan mengatur pergerakan kendaraan dari satu titik ke titik lain,” ttur dia.

Menurutnya, potensi penumpang per hari antarmoda MotoGP sebanyak 30.975 penumpang. Sementara jumlah penonton motoGP diperkirakan sebanyak 63.698 orang. Selama 3 hari terjadi peningkatan penumpang antarmoda.

Baca juga: Pengendara Motor Asal Selonong Keluar Gang, Kebiasaan Sulit Diubah

Suasana pelabuhan Lembar terpantau sepi, sehari jelang pelarangan mudik yang berlaku tanggal 6-17 Mei 2021.KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIA KUSUMANINGRUM Suasana pelabuhan Lembar terpantau sepi, sehari jelang pelarangan mudik yang berlaku tanggal 6-17 Mei 2021.

Berikut ini pelayanan angkutan antarmoda yang disediakan Kemenhub:

1. Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Bangsal (bus kecil);
2. Sirkuit Mandalika – Pusat kota Mataram (bus sedang);
3. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Lembar (bus kecil);
4. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Gilimas (bus kecil);
5. Sirkuit Mandalika – Bandara Bizam (bus besar);
6. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Kahyangan (bus kecil).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com