Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saran Casey Stoner buat Marc Marquez, Main Aman

Kompas.com - 30/12/2021, 18:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CERVERA, KOMPAS.com - Marc Marquez sedang berada di puncak karier pada musim 2019 sebelum semuanya berubah pada 2020. Usai mengalami kecelakaan di awal musim Marc mesti rehat lama balapan.

Pada 2021 dia kembali ke kelas premier tapi masih dihantui cedera dan pengembangan motor yang kurang sesuai. Di akhir musim dia kembali cedera penglihatan ganda usai berlatih off road.

Pendahulu Marc, yang juga mantan juara dunia dari Repsol Honda, Casey Stoner mengatakan, dengan talenta sebesar Marc, meski cedera lama mudah dia buat kembali kondisi semula.

“Cedera adalah bagian tak terpisahkan dari balap. Tapi saya pikir mudah bagi saya dan Marc untuk mengesampingkan pikiran itu,” kata Stoner mengutip Motorsport-Total.com, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Soal Penghapusan Premium dan Pertalite, Begini Kata Direktur Pertamina

Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Tapi pembalap asal Australia itu juga mengingatkan Marc bahwa dia tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama.

Di mana semua tahu bahwa Marc merupakan pebalap agresif di lintasan. Di satu sisi bagus untuk menang tapi juga membawa konsekuensi berisiko lebih besar mengalami kecelakaan.

“Kita semua membuat kesalahan, kita semua menyerang terlalu keras dan jatuh. Itu hanya bagian dari balapan," ungkap Stoner.

"Anda mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari diri Anda dan motor. Anda harus belajar darinya dan tidak terus mengulangi kesalahan ini. Itu yang paling penting,” katanya.

Stoner sendiri merupakan salah satu pebalap yang sering jatuh. Sama seperti Marc yang sering jatuh terutama saat latihan bebas untuk mengetes level tertinggi.

Baca juga: Batch Pertama Suzuki Gixxer SF250 Sudah Habis Terjual

 

Casey Stoner.MOTORSPORT.com Casey Stoner.
"Jika saya jatuh dalam sesi latihan, tidak ada yang menghentikan saya untuk naik motor kedua lagi. Jika setup-nya sama, saya biasanya bisa melaju lebih cepat karena saya tahu di mana saya membuat kesalahan," katanya.

"Saya tidak pernah khawatir. Tentu saja saya tidak pernah ingin jatuh, tetapi kesalahan saya sendiri tidak membuat saya gelisah," ungkapnya.

Adapun kata Stoner kondisi Marc saat ini berbeda. Usai penyembuhan lengan kanan yang makan waktu, Marc kini harus sangat berhati-hati supaya tidak mengalami cedera lagi.

"Situasi Marc berbeda," kata Stoner.

"Dia mengalami pemulihan yang lama dengan banyak komplikasi. Itu berpengaruh, tentu saja. Butuh waktu baginya untuk kembali bugar secara fisik dan mental. Orang-orang selalu meremehkan berapa lama untuk kembali bugar," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com