Tren di Dunia Otomotif yang Diprediksi Akan Terjadi di 2022

Kompas.com - 30/12/2021, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, ada banyak perkembangan teknologi di dunia otomotif. Apalagi, jika melihat kemajuan elektrifikasi yang diperlihatkan para pabrikan.

Maraknya digitalisasi dunia modern telah merambah industri otomotif secara luas. Dalam dua tahun terakhir ini, pandemi Covid-19 juga memberikan efek perubahan yang besar pada dunia otomotif.

Baca juga: Toyota Siapkan Semua Opsi Teknologi Menuju Elektrifikasi

Dikutip dari auto.hindustantimes.com, Kamis (30/12/2021), mendekati tahun 2022, banyak perubahan lain diharapkan untuk membentuk industri otomotif.

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Berikut ini beberapa fenomena di industri otomotif yang diprediksi akan tren di 2022:

1. Kendaraan Listrik Semakin Banyak Terlihat di Jalan
Perusahaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) seperti Tesla telah membuktikan bahwa kendaraan listrik mampu menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil alias internal combustion engine (ICE) dalam beberapa dekade ke depan.

Faktor lainnya adalah meningkatnya harga bahan bakar, menurunnya harga baterai, mempersempit kesenjangan antara biaya awal EV dan ICE, memperketat norma emisi, biaya kepemilikan yang rendah untuk kendaraan tanpa emisi, dan menumbuhkan kesadaran umum mengenai masalah lingkungan juga membantu pertumbuhan penjualan kendaraan listrik.

Selain hadirnya perusahaan startup kendaraan listrik, para pemain lama menghadirkan EV dengan berbagai model. EV kemungkinan akan mengungguli ICE pada 2030 mendatang. Maka itu, diharapkan akan ada lebih banyak EV yang diluncurkan pada 2023, agar dapat meningkatkan pangsa EV lebih baik dari 2022 secara global.

Baca juga: Ciptakan Ekosistem Kendaraan Elektrifikasi, Toyota Siapkan SDM Lokal

Honda uji coba kendaraan otonom untuk keperluan bisnis mobilitas di masa depanDOK. HONDA Honda uji coba kendaraan otonom untuk keperluan bisnis mobilitas di masa depan

2. Kendaraan Otonom Semakin Berkembang
Jika mobil listrik akan mengalami lonjakan signifikan pada tahun 2022, perubahan besar lainnya dalam industri otomotif akan terjadi di segmen kendaraan otonom. Teknologi self-driving semakin berkembang dalam industri otomotif.

Beberapa produsen mobil lawas, perusahaan startup, dan perusahaan teknologi sedang mengerjakan teknologi self-driving. Diharapkan peningkatan besar terjadi di segmen ini dan beberapa kendaraan otonom akan masuk ke pasar di tahun depan.

Hal Ini akan membawa produsen mobil dan perusahaan teknologi lebih dekat karena kedua belah pihak ingin bekerja sama untuk mengembangkan teknologi futuristik, lebih banyak fitur perangkat lunak, dan meningkatkan sistem operasi. Dengan meningkatnya permintaan untuk kendaraan self-driving, tentu menjadi penting bahwa teknologi terbaru ditawarkan pada kendaraan generasi baru untuk menarik demografi yang lebih muda.

Kabin Mazda2 2022 di Eropa dengan basis Toyota Yaris HybridMOTOR1.COM Kabin Mazda2 2022 di Eropa dengan basis Toyota Yaris Hybrid

3. Lebih Banyak Mobil yang Dijejali Banyak Fitur
Tidak hanya mobil mewah, tapi mobil yang laris di pasaran pun juga dibekali semakin banyak fitur canggih dan terkini. Fitur-fitur tersebut meliputi sistem kenyamanan, keamanan, bantuan mengemudi, hiburan, dan lainnya.

Banyak fitur-fitur yang awalnya hanya disematkan pada mobil-mobil mewah, sekarang sudah dapat ditemukan pada mobil kelas menengah. Sebut saja fitur seperti eco idle, engine start/stop button, electric parking brake, lane keeping assist, dan lainnya.

Honda Jabar Virtual ExpoDok. DAM Honda Jabar Virtual Expo

4. Penjualan Langsung ke Konsumen
Dengan meningkatnya digitalisasi, sekarang konsumen semakin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya. Tak terkecuali dalam membeli kendaraan, baik itu motor atau mobil. Peningkatan penjualan kendaraan secara online diprediksi akan meningkat pesat pada 2022. Fenomena ini akan menyebabkan banyak diler yang berpindah ke dunia digital dan penjualan secara daring atau online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.