Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Vinales Sebut Motor Yamaha Hanya Dibuat untuk Quartararo

Kompas.com - 01/07/2021, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Angel Vinales, ayah Maverick Vinales mengungkap latar belakang yang membuat putranya memutuskan untuk pisah dari Yamaha pada musim depan.

Menurut Angel, ada beberapa alasan putranya tak puas di Yamaha. Salah satunya ialah karakteristik motor Yamaha YZR-M1 yang hanya cocok buat Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Dampak Bila Motor Baru Telat Servis Pertama

"Motor ini dibuat untuk dikendarai oleh Quartararo atau Lorenzo. Pebalap dengan gaya balap yang bersih. Maverick membutuhkan sesuatu yang berbeda karena dia seperti Marquez (tampil menekan)," kata Angel mengutip italy24news.com, Rabu (30/6/2021).

Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021Dok. Yamahamotogp.com Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021

"Mereka berdua menyerang dengan keras untuk memanfaatkan potensi motornya, tapi Yamaha dan sepeda motornya tidak mengizinkan (tidak cocok),” katanya.

Jadi kata Angel, lebih baik untuk putranya mengucapkan selamat tinggal pada Yamaha dan mencari yang lain.

“Mereka (Yamaha) belum bisa memberikan apa yang dia (Vinales) inginkan, dan dia belum bisa membawa motor itu 100 persen. Ini adalah kombinasi dari beberapa hal,” katanya.

Baca juga: Marak Vespa Matik Balap Liar, Ingat Jalan Raya Bukan Sirkuit

Maverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)TIZIANA FABI Maverick Vinales saat sesi kualifikasi pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

Selain faktor teknis, Angel mengatakan aspek emosional juga ikut berpengaruh termasuk keluarga yang melatar belakangi keputusan tersebut.

“Maverick pergi karena dia tidak bahagia. Ada momen ketika dia sangat senang berada di rumah bersama putrinya, sementara itu tidak terjadi saat naik motor. Dia selalu berpikir 'Masalah apa yang akan saya hadapi hari ini?',” katanya.

"Oleh karena itu perpisahan tidak bisa dihindari. Sekarang yang tersisa hanyalah meninggalkan diri Anda dengan ingatan yang baik. Ada 10 balapan tersisa untuk melakukannya," kata Angel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com