Dampak Bila Motor Baru Telat Servis Pertama

Kompas.com - 30/06/2021, 18:31 WIB
Bengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari. DAMBengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor baru, sangat disarankan agar pemiliknya melakukan servis pertama ke bengkel resmi dengan tepat waktu.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, mengatakan, jadwal servis pertama untuk motor baru pada umumnya dilakukan tiap 1.000 km atau satu bulan setelah motor dikirim ke konsumen.

Baca juga: Pentingnya Servis Pertama Motor Baru ke Bengkel Resmi

"Servis pertama dilakukan untuk memastikan komponen pada motor berjalan dengan baik," ujar Ribut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Layanan Pit Express di AHASS AMM Layanan Pit Express di AHASS

Ribut menambahkan, dikarenakan juga beberapa faktor lain. Contohnya, cara berkendara dan kondisi cuaca atau jalan yang mengakibatkan harus segera diperiksa oleh bengkel.

Dampak dari telat melakukan servis pertama tentu berpengaruh pada performa motor. Jika memang ada komponen yang tidak berjalan dengan baik, bisa saja kerusakannya jadi semakin parah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 22 Komponen yang Diperiksa Saat Servis Motor di Bengkel Resmi

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, dampak lain jika terlambat adalah konsumen tidak akan mendapatkan layanan servis gratis dan oli gratis yang seharusnya diberikan pada servis pertama.

"Tapi, untuk jaminan kualitas layanan dan kualitas sepeda motor Honda, pemeriksaan unit sepeda motor tetap dilaksanakan dengan menggunakan kartu KPB ke-2. Tapi, tidak mendapatkan oli secara gratis," kata Ade.

Ade menambahkan, pada kondisi ini, oli akan dibebankan kepada konsumen sesuai dengan persetujuan antara kedua belah pihak.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.