Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Bila Motor Baru Telat Servis Pertama

Kompas.com - 30/06/2021, 18:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor baru, sangat disarankan agar pemiliknya melakukan servis pertama ke bengkel resmi dengan tepat waktu.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, mengatakan, jadwal servis pertama untuk motor baru pada umumnya dilakukan tiap 1.000 km atau satu bulan setelah motor dikirim ke konsumen.

Baca juga: Pentingnya Servis Pertama Motor Baru ke Bengkel Resmi

"Servis pertama dilakukan untuk memastikan komponen pada motor berjalan dengan baik," ujar Ribut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Layanan Pit Express di AHASS AMM Layanan Pit Express di AHASS

Ribut menambahkan, dikarenakan juga beberapa faktor lain. Contohnya, cara berkendara dan kondisi cuaca atau jalan yang mengakibatkan harus segera diperiksa oleh bengkel.

Dampak dari telat melakukan servis pertama tentu berpengaruh pada performa motor. Jika memang ada komponen yang tidak berjalan dengan baik, bisa saja kerusakannya jadi semakin parah.

Baca juga: 22 Komponen yang Diperiksa Saat Servis Motor di Bengkel Resmi

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, dampak lain jika terlambat adalah konsumen tidak akan mendapatkan layanan servis gratis dan oli gratis yang seharusnya diberikan pada servis pertama.

"Tapi, untuk jaminan kualitas layanan dan kualitas sepeda motor Honda, pemeriksaan unit sepeda motor tetap dilaksanakan dengan menggunakan kartu KPB ke-2. Tapi, tidak mendapatkan oli secara gratis," kata Ade.

Ade menambahkan, pada kondisi ini, oli akan dibebankan kepada konsumen sesuai dengan persetujuan antara kedua belah pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com