Pengendara Motor Terpental Gegara Akamsi Selonong Keluar dari Gang

Kompas.com - 01/07/2021, 07:22 WIB
pengendara motor terpental setelah mengindari pemotpr yang keluar dari gang instagram.com/streetmannersindonesiapengendara motor terpental setelah mengindari pemotpr yang keluar dari gang

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya memiliki sebuah tantangan tersendiri. Tidak jarang kita menemui pengendara motor yang main selonong keluar dari gang menuju jalan besar.

Seperti contoh kejadian yang terekam dan diunggah oleh akun instagram @streetmannersindonesia. Dalam cuplikan tersebut, terlihat akamsi yang merupakan akronim dari anak kampung sini alias warga lokal setempat, yang tiba-tiba keluar dari gang dan hendak menyebrang ke jalan utama.

Pada saat bersamaan, terlihat pengendara sepeda motor melaju dari arah lainnya dengan kecepatan tinggi. Sontak pengemudi motor itu pun kaget dan berusaha menghindar hingga kehilangan arah, sampai akhirnya terpental ke jalan raya dan mencelakai pengendara motor lainnya.

Baca juga: Dampak Bila Motor Baru Telat Servis Pertama

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, orang yang sering melakukan hal tersebut biasanya anak kampung sini (akamsi) karena merasa itu wilayahnya.

“Pengetahuan mereka dalam berkendara aman juga kurang. Mereka hanya mampu mengendarai namun tidak bisa memprediksi bahaya. Sehingga sering ceroboh saat di jalan seperti itu (selonong),” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus menambahkan, akamsi tadi merasa sudah terbiasa melewati jalur tersebut dan merasa aman-aman saja. Padahal situasi jalan raya tidak bisa disama ratakan dari hari ke hari. Begitu juga dengan kecelakaan yang tidak bisa diduga kapan akan terjadi.

“Dalam berkendara kita harus bisa memprediksi bahaya yang akan terjadi. Pengguna jalan harus paham, salah satu area yang paling rawan terjadinya kecelakaan adalah di persimpangan,” kata Agus.

Baca juga: Ducati Rilis Sepeda Lipat Listrik, Harga Setara Vixion

Oleh sebab itu, Agus menjelaskan, beberapa langkah agar lebih aman ketika mau masuk jalan utama dari gang.

“Pertama kurangi kecepatan ketika akan keluar dari gang. Kedua, berhenti sejenak, lalu tengok kanan dan kiri. Pastikn aman dari kendaraan dan objek bahaya lainnya,” ucapnya.

Terakhir kata Agus, jangan langsung tancap gas ketika keluar dari gang. Karena bisa jadi ada kendaraan lain atau objek berbahaya di jalan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.