Kebiasaan Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak

Kompas.com - 20/05/2021, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) banyak dipilih oleh banyak orang karena kepraktisannya. Sebab, untuk mengendalikannya, cukup tinggal memainkan gas dan remnya saja.

Meski demikian, masih banyak pengendara skutik yang melakukan kebiasaan salah saat berkendara. Apalagi, ketika sedang berada dalam kondisi jalan yang macet.

Masih banyak yang bermain gas, tapi sambil menahan tuas rem. Kebiasaan tersebut dapat berdampak pada v-belt dan rumah CVT (Continuously Variable Transmission).

Baca juga: Dampak Buruk Motor Matik Tidak Pakai Tutup CVT

"Itu kesalahan besar dan sampai sekarang banyak dilakukan pengguna motor matik," ujar Wedijianto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), beberapa waktu lalu.

Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda VarioDok. Motosaigon.vn Skutik buatan pabrikan China yang sangat mirip Honda Vario

Wedi menambahkan, v-belt dan rumah CVT bisa cepat rusak jika kebiasaan tersebut terus dilakukan.

V-belt akan menjadi mudah retak dan pada batok CVT akan sedikit meleleh, sehingga harus diganti sebelum waktunya.

CVT matikStanly/Otomania CVT matik

"Jadi kalau sambil gas terus sambil mengerem juga, CVT dipaksa untuk memutar juga dan timbul gesekan-gesekan yang akan merusak dalam jangka waktu yang cukup lama itu," kata Wedi.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma, mengatakan, menarik gas bersamaan dengan menarik tuas rem akan membuat CVT bekerja ekstra.

Hal ini menyebabkan kampas kopling otomatis yang ada pada CVT akan cepat habis karena terus bergesekan dengan mangkoknya.

Baca juga: Pahami Masalah Rembes pada CVT Motor Matik

"Karena kalau terus bergesekan dengan mangkoknya akan cepat habis kampas koplingnya," ujar Rendra.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.