Ini Tujuan Anggota DPR Punya Pelat Kendaraan Khusus

Kompas.com - 21/05/2021, 15:25 WIB
Jeep Rubicon pakai pelat nomor khusus. Grup WhatsappJeep Rubicon pakai pelat nomor khusus.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR RI kini mempunyai pelat nomor kendaraan khusus. Pelat nomor itu mempunyai logo menyerupai lambang DPR berwarna emas.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pemberian pelat nomor khusus bertujuan agar anggota dewan lebih mudah dipantau di jalan.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Disuntik Mati karena Kurang Laku

"Sebagai identitas agar mudah dipantau. Di DPR sendiri gampang dikenali mana yang mobil anggota, mana yang bukan. Di jalan raya bisa dipantau apabila kemudian ada mobil yang melakukan pelanggaran-pelanggaran," kata Dasco mengutip kanal Nasional Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco AhmadDokumentasi Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

Dasco mengatakan, selama ini DPR menerima banyak laporan soal pelanggaran lalu lintas yang diduga dilakukan oleh kendaraan anggota DPR.

"Tapi kan itu tidak bisa dibuktikan apakah itu betul. Kalau sudah pakai identitas dari institusi dan ada nomor anggotanya, gampang dikenali 'oh yang melanggar ini'," kata Dasco.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senada dengan Dasco, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, mengatakan, penggunaan pelat nomor khusus bertujuan sebagai identitas.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Disuntik Mati karena Kurang Laku

Politisi Partai Nasdem itu berpandangan bahwa kendaraan DPR sama seperti kendaraan kementerian dan harus memiliki pelat nomor tersendiri.

"Ini untuk identitas sebagai anggota DPR RI. Sama saja kayak kementerian atau lembaga lain memiliki identitas masing-masing," katanya mengutip 

"Jadi urgensinya adalah mengetahui sebagai kendaraan anggota DPR. Sama seperti kedutaan dan lembaga lainnya. Asalkan sesuai mekanisme dan aturan yang ada di lembaga masing-masing," katanya.

Sumber: Baca juga: Anggota DPR Dapat Pelat Nomor Khusus agar Mudah Dipantau



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.