Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik, Check Engine Motor Menyala Belum Tentu Ada yang Rusak

Kompas.com - 21/05/2021, 16:41 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kendaraan bermotor dengan mesin injeksi, akan ada lampu indikator check engine atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada bagian speedometer.

Hal ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan motor yang diinformasikan oleh Electronic Control Unit (ECU).

Ada beberapa indikasi check engine pada motor menyala, tidak semuanya dapat diartikan kalau motor sedang mengalami kerusakan atau masalah. Bisa jadi hanya ada kerusakan kecil atau socket kabel yang tidak terpasang dengan tepat.

Baca juga: Berbahaya, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi di Jalan Tol

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, tidak semua indikasi check engine menyala dikatakan sebagai masalah atau kerusakan.

"Pada saat menyalakan mesin kendaraan, itu check engine akan menyala sekitar dua detik kemudian mati lagi. Itu normal dan tidak ada indikasi kode kegagalan," kata Endro kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor HondaDok. AHM Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor Honda

Jika indikator MIL menyala terus setelah mesin dihidupkan, bisa jadi ada kerusakan pada salah satu fungsi komponen di sepeda motor.

Ada beberapa tipe lampu indikator tersebut menyala, yakni menyala terus menerus dan berkedip dengan jumlah tertentu.

"Biasanya ada beberapa tipe nyala, nyala terus atau berkedip. Pada saat berkedip ada jumlah kedipan yang merupakan kode kegagalan, nah melalui indikasi tersebut pemeriksaan dilakukan," ucap Endro.

Baca juga: Kebiasaan Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak

Endro menjelaskan, jika menyala berkedip berarti ada suatu kegagalan fungsi komponen kendaraan, bukan berarti rusak.

Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena ada socket yang kendor, ada kabel yang lepas, kabel yang rusak karena putus, dan indikasi paling terakhir adalah adanya komponen yang rusak.

Speedometer sepeda motor bebek Honda terbaru, transmisi menggunakan tipe 6-percepatan.Captured via YouTube Speedometer sepeda motor bebek Honda terbaru, transmisi menggunakan tipe 6-percepatan.

"Jika check engine nyala, pengguna tidak usah khawatir. Yang penting mesinnya masih bisa hidup, setelah itu baru coba dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa," kata dia.

Baca juga: Viral Foto Pelat Nomor Khusus Anggota DPR, Bagaimana Aturannya?

Endro juga menambahkan, ada juga kasus check engine menyala kemudian setelah direset motor kembali normal dan tidak menyala lagi.

Jika indikator menyala, dapat diartikan ada komponen yang berhubungan dengan ECU mengalami masalah, pemilik kendaraan tidak perlu panik dalam menghadapi masalah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com