Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Tahu, Blind Spot Juga Ada pada Sepeda Motor

Kompas.com - 23/12/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan blind spot atau titik buta saat berkendara selama ini lumrah ditemui pada kendaraan roda empat atau lebih.

Hadirnya pilar-pilar pada kendaraan membuat pengemudi memiliki bidang pandang yang terbatas terhadap kondisi lingkungan sekeliling kendaraan.

Namun, blind spot juga bisa ditemui pada sepeda motor. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, sepeda motor meski tanpa pilar juga punya bidang pandang yang tidak terlihat.

Baca juga: Kemendikbud Apresiasi Program Vokasi AHM

Blind spot itu kan bidang pandang yang tidak terlihat. Kalau di motor ada di bagian belakang kiri dan kanan sepeda motor,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.Stanly/Otomania Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.

Untuk meminimalisir masalah ini produsen sebenarnya sudah mengantisipasi dengan memberikan kaca spion pada setiap motor. Namun spion pun memiliki ruang pandang yang terbatas.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Berkendara Sambil Main Ponsel

“Kaca spion itu bidang pandangnya berjarak sekitar 1 meter dari badan motor. Padahal saat di jalan bisa saja ada kendaraan lain di kiri kanan yang tidak terlihat,” kata Jusri.

Untuk itu yang perlu dilakukan oleh pengendara motor adalah menyempatkan diri menengokkan kepala ke sisi jalan akan digunakan berpindah.

“Perlu diketahui menoleh jadi satu kewajiban berkendara di luar negeri. Kalau tidak menoleh dia bisa tidak dapat SIM walau kaca spion terpasang dengan baik. Ini salah satu antisipasi dalam keselamatan berkendara,” ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com