Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Disebut Sebagai Pelopor Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 22/12/2020, 18:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan penghargaan bagi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai Pelopor Keselamatan Dalam Mengimplementasikan Program Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Indonesia.

Adapun penghargaan tersebut sebagai bentuk dari peran serta aktif Hino guna terwujudnya peningkatan keselamatan transportasi.

Hino juga menjadi satu-satunya merek komersial yang mendapat penghargaan tersebut lantaran menjujung tinggi keselamatan di jalan, safety riding, dan kampanye aman berkendara melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan.

Baca juga: Keunikan PO MPM, Lintas Sumatera yang Pakai Sasis Hino

"Kami senang dapat selaras dan terus mendukung program yang dijalankan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai Pelopor Keselamatan untuk menanamkan budaya keselamatan nomor satu dalam berkendara di jalan. Untuk itu, kami aktif mengadakan kegiatan guna memperkuat edukasi kepada masyarakat," kata Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI dalam keterangan resminya, Selasa (22/12/2020).

Hino dapat penghargaan dari KNKTHino Hino dapat penghargaan dari KNKT

Sejak 2017 sampai akhir 2019, Hino sudah memulai kegiatan Hino Safety Driving Competition sebanyak 31 kali pada 23 kota di Indonesia. Hino Safety Driving Competition melibatkan 2.275 pengemudi dari 1.687 perusahaan.

Bahkan kegiatan tersebut juga diakui Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kompetisi Safety Driving Pertama di Kelas Truk Ringan, dan rekor yang kedua adalah Kompetisi Safety Driving Peserta Terbanyak.

"Keselamatan berkendara di jalan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Hino bagi pelanggan, masyarakat, dan pemerintah. Dimana Hino tidak hanya menjual truk dan bus saja, tapi turut mendukung dan peduli terhadap keamanan dan keselamatan di jalan," ucap Santiko.

Tak hanya itu, Hino juga menggalakan program Training of Trainer (ToT) untuk mencetak Instruktur Pengemudi yang handal. Hasilnya dengan melahirkan para Instruktur Pengemudi yang bisa memberikan pelatihan di perusahaan secara mandiri.

Baca juga: Hino dan Toyota Sebar Konsep Truk Berat Hydrogen Fuel Cell

Dengan demikian pengetahuan, keterampilan dan perilaku pengemudi akan lebih baik dan dapat mencegah serta menurunkan angka kecelakaan berlalu lintas.

Akibat kondisi yang terbatas akibat Covid-19, Hino tetap mengadakan pelatihan kepada para pengemudi berupa Smart Driving of Hino500 Series, para pengemudi diberikan materi pelatihan mulai dari daily inspection, proper driving, dan safety driving sampai eco driving.

Hino Dutro 110 SDBL dipamerkan di showroom Hino SemarangKOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Hino Dutro 110 SDBL dipamerkan di showroom Hino Semarang

Selain itu, pelatihan ini juga memberikan tambahan pengetahuan mengenai update spesifikasi kendaraan Hino. Training pengemudi dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom.

Untuk mewujudkan keselamatan transportasi, Hino sendiri selalu mendukung penuh Kemenhub, KNKT, dan pihak Kepolisian, dengan turut aktif mengirimkan tim teknis untuk membantu mengungkap data – data atau investigasi jika ada kendaraan yang terlibat insiden di jalan. Tim teknis Hino membantu untuk memberikan hasil temuan yang transparan dan professional untuk menjadi rekomendasi, saran, ataupun pertimbangan.

"Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang terus Hino lakukan, untuk menanamkan pentingnya membangun budaya keselamatan di jalan, dan tertib berlalu lintas," kata Achmad Wildan, Senior Investigator KNKT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com