Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan dan Kisaran Biaya Antara Kuras Oli dengan Ganti Oli

Kompas.com - 16/11/2020, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pemilik kendaraan ingin melakukan pergantian oli lama, pada dasarnya terdapat dua proses yang bisa dilakukan. Keduanya yakni ganti oli dengan kuras oli.

Ganti oli hanya mengganti oli yang ada di ruang karter (bak penampungan oli). Sedangkan proses kuras adalah mengeluarkan atau mengganti semua oli yang ada di seluruh sistem mesin. 

Baca juga: Awas, Jangan Sok-sokan Mobil Lawas Pakai BBM Oktan Tinggi

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, dalam proses kuras oli, volume oli lama yang dibuang bisa mencapai 10-12 liter. Sehingga volume oli baru yang dibutuhkan sebagai pengganti juga sama.

Sedangkan, dalam proses ganti oli, volume oli lama yang dibuang hanya mencapai 3-4 liter. Sehingga volume oli baru yang dibutuhkan juga tidak sebanyak kuras oli.

"Dengan adanya perbedaan proses ini, membuat biayanya juga perbeda. Tentu biaya kuras oli bisa lebih mahal,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Ilustrasi filter oli mobilhttp://palumbosautomotive.com/ Ilustrasi filter oli mobil

Sementara untuk kisaran biayanya tergantung banyak pemakaiannya. Tetapi biasanya 10-12 liter.

Sapta melanjutkan, sebetulnya proses kuras oli tidak terlalu diperlukan. Dengan catatan pemilik mobil harus rutin mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Pelajari Aturan Memasang Alarm Tambahan pada Mobil

Kuras oli diperlukan apabila posisi kendaraan pernah terendam air, misalnya terendam banjir. Maka diperlukan beberapa kali pembilasan untuk memastikan di dalam saluran oli tidak mengandung air,” kata Sapta.

Sedangkan untuk metode yang lebih terjangkau, Sapta mengatakan, cukup gunakan aditif seperti cairan engine flush yg dituang ke oli lama sebelum oli tersebut diganti.

“Tujuannya untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau sludge oil di dalam mesin,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com