Salin Artikel

Perbedaan dan Kisaran Biaya Antara Kuras Oli dengan Ganti Oli

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pemilik kendaraan ingin melakukan pergantian oli lama, pada dasarnya terdapat dua proses yang bisa dilakukan. Keduanya yakni ganti oli dengan kuras oli.

Ganti oli hanya mengganti oli yang ada di ruang karter (bak penampungan oli). Sedangkan proses kuras adalah mengeluarkan atau mengganti semua oli yang ada di seluruh sistem mesin. 

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, dalam proses kuras oli, volume oli lama yang dibuang bisa mencapai 10-12 liter. Sehingga volume oli baru yang dibutuhkan sebagai pengganti juga sama.

Sedangkan, dalam proses ganti oli, volume oli lama yang dibuang hanya mencapai 3-4 liter. Sehingga volume oli baru yang dibutuhkan juga tidak sebanyak kuras oli.

Sementara untuk kisaran biayanya tergantung banyak pemakaiannya. Tetapi biasanya 10-12 liter.

Sapta melanjutkan, sebetulnya proses kuras oli tidak terlalu diperlukan. Dengan catatan pemilik mobil harus rutin mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali.

“Kuras oli diperlukan apabila posisi kendaraan pernah terendam air, misalnya terendam banjir. Maka diperlukan beberapa kali pembilasan untuk memastikan di dalam saluran oli tidak mengandung air,” kata Sapta.

Sedangkan untuk metode yang lebih terjangkau, Sapta mengatakan, cukup gunakan aditif seperti cairan engine flush yg dituang ke oli lama sebelum oli tersebut diganti.

“Tujuannya untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau sludge oil di dalam mesin,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/16/172100315/perbedaan-dan-kisaran-biaya-antara-kuras-oli-dengan-ganti-oli

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.