Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Bemo, Daihatsu Sudah Tembus Produksi 30 Juta Unit

Kompas.com - 05/11/2020, 15:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Co., Ltd, mengklaim telah mencapai produksi kendaraan sebanyak 30 unit. Jumlah tersebut merupakan kumulatif yang dihitung berdasarkan kendaraan dengan merek Daihatsu yang diproduksi di Jepang hingga September 2020, temasuk unit ekspor baik CBU maupun CKD.

Pencapiaan tersebut tentu tak lepas dari sejarah panjang Daihatsu dari awal berdiri hingga saat ini.

Daihatsu di Jepang memulai karirnya sejak 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. yang saat itu untuk memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerja sama antara dunia industri dan akademisi.

Pada 1931, Daihatsu mulai melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya dengan meluncurkan kendaraan roda tiga berkubikasi 500 cc. Setelah era perang dunia kedua, pada 1957 Daihatsu langsung meluncurkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini yang dinamakan Midget.

Daihatsu Midget BemoDaihatsu Daihatsu Midget Bemo

Baca juga: Bersolek di Jepang, Daihatsu Thor Kini Berlimpah Fitur Keamanan

Kendaraan tersebut juga akrab disebut sebut sebagai "Bemo" oleh masyarakat Indonesia yang mendapat sambutan positif pada zamannya. Midget sendiri sempat menjadi kendaraan operasional resmi dalam ajang Asian Games ke-4 pada 1962 yang berlangsung di Tanah Air.

Tepat satu tahun kemudian, pada 1958, Daihatsu meluncurkan kendaraan roda empat pertamanya dengan jenis truk kompak, yakni Daihatsu Vesta.

Daihatsu VestaDaihatsu Daihatsu Vesta

Selanjutnya, Daihatsu juga meluncurkan kendaraan dengan tujuan komersil pada 1960, yakni Hijet, yang lalu dilanjutkan dengan beberapa kendaraan penumpang lain, seperti Daihatsu Charade pada 1977, serta Mira pada 1980.

Untuk saat ini, Daihatsu Jepang tetap fokus untuk dapat menyediakan mobil kecil yang dapat memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dengan harga terjangkau.

Baca juga: Begini Teknik Mengemudi Hemat Ala Daihatsu

Dengan menerapkan konsep Simple, Slim, Compact (SSC), Daihatsu terus memproduksi mobil yang berkualitas dengan biaya yang efisien di Shiga (Ryuo) Plant, Kyoto Plant, Ikeda Plant, dan Oita (Nakatsu) Plant.

Daihatsu Rocky Daihatsu Rocky

Jejak inovasi Daihatsu kembali dilanjutkan setiap tahunnya, dan pada 2019, Daihatsu telah meluncurkan berbagai produk baru yang menggunakan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Daihatsu pun mengklaim terus berkomitmen dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com