Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Harga Daihatsu Rocky, Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 19/10/2020, 15:07 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini beredar sebuah foto yang menunjukkan sebuah mobil berukuran kecil yang diprediksi merupakan sebuah crossover, Daihatsu Rocky.

Meski masih dalam balutan kamuflase, tampang mobil dengan bentuk kotak itu memang sangat identik dengan SUV kompak tersebut.

Apalagi PT Astra Daihatsu Motor sudah beberapa kali memberikan isyarat untuk menghadirkannya, setelah lebih dulu meluncur di Jepang pada akhir 2019.

Baca juga: Sah, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Ada Tanda Khusus Kelir Biru

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Lama nggak kedengaran kabarnya, akhirnya ketahuan juga mini SUV Daihatsu Rocky lagi dites di jalanan Indonesia, tebakan saya sih lokasi jepretnya di Tanjung Priok yang masih deket sama kantor pusat dan pabrik ADM. Platnya juga putih merah tipikal buat mobil tes. Dari foto ini, yang kelihatan di unit tes ini ada handle pintu, pilar A, spion, desain pelek, dan kalau lihat ada segitiga atas itu buat antena shark fin. Ini juga menjawab pertanyaan kapan Rocky akan masuk Indonesia, mengingat beberapa rivalnya seperti Kia Sonet dan Nissan Magnite juga sedang dites jalan dan akan meluncur dalam waktu dekat, bedanya kalau keduanya CBU India, nah baik Rocky dan Raize kemungkinan besar akan diproduksi di Indonesia, sekaligus (bisa jadi) sebagai produk DNGA pertama di negara ini. Lagipula, banyak yang belum tahu kalau sebenarnya mereka juga sudah memproduksi salah satu komponen mesin KR Turbo (yang dipakai Rocky dan Raize) yaitu crankshaft dan sudah diekspor ke Jepang mulai Februari 2020 lalu (slide 3, sumber terlampir), jadi paling nggak membuktikan bahwa mereka siap untuk memproduksi produk DNGA di Indonesia... Foto slide 1-2 Anjas via @b_channel_indonesia #daihatsurocky #toyotaraize

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan) pada 16 Okt 2020 jam 9:57 PDT

Paling menarik tentu saja info soal komponen mesin yang digunakan Rocky kabarnya sudah diproduksi di dalam negeri. Komponen crankshaft ini bahkan pada awal tahun sudah diekspor ke Jepang.

Kabar terkini datang dari salah satu pramuniaga diler Daihatsu di Jakarta Selatan, menurutnya mobil ini tengah disiapkan untuk meluncur di Indonesia pada tahun depan.

“Rencananya dijual tahun depan. Harganya belum ada, tapi diperkirakan Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan,” ujar tenaga penjual tersebut, kepada Kompas.com (19/10/2020).

Baca juga: Kenapa Bus Tidak Mematikan Mesinnya Saat Isi Solar?

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

Artinya mobil ini akan dihargai setara saudaranya Daihatsu Terios. Meski begitu, Ia mengatakan pihak diler Daihatsu sebetulnya tidak membuka keran penjualan mobil ini lantaran belum resmi meluncur.

“Tapi memang yang nanya sudah banyak, sejak awal tahun sudah ada yang tanya beberapa orang. Karena mobilnya sudah ada di Jepang, mereka pikir bakal dijual juga di sini,” katanya.

Untuk diketahui, Rocky mengusung plaform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Mobil ini memiliki dimensi (PxLxT) 3.995 mm x 1.695 mm x 1.620 mm, serta wheelbase 2.525 mm.

Baca juga: Pil Pahit Quartararo di GP Aragon, dari Pole Position Finish Posisi 18

Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 jutadaihatsu.co.jp Daihatsu Rocky telah resmi dijual di Jepang mulai harga Rp 226 juta

Bicara soal dapur pacu, SUV ini menggunakan mesin 3-silinder 1.000 cc turbo intercooler yang sanggup hasilkan tenaga 96 tk dan torsi 140 Nm.

Sebelumnya saat disinggung soal kehadiran Rocky, Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, enggan mengomentari kemunculan foto-foto spyshot Rocky yang tersebar di media sosial.

“Perihal foto tersebut, saya no comment,” ujar Amelia, saat dikonfirmasi Kompas.com (17/10/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com