Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Warna Bodi yang Digemari Pembeli Mobil Bekas?

Kompas.com - 15/08/2020, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini pilihan warna yang digemari konsumen mobil bekas (mobkas) cukup beragam. Mulai dari putih, hitam, abu-abu, hingga kelir mencolok seperti merah dan kuning.

Masing-masing segmen punya ciri warna tersendiri. Misal, mobil yang punya karakter tangguh sudah pasti dipilih warna hitam atau silver, sementara mobil kota (city car) lebih beragam, seperti putih atau silver.

“Jadi tidak selalu putih, memang putih sekarang sudah mulai tinggi peminatnya. Tetapi balik lagi kepada masing-masing segmen,” ucap Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer kepada Kompas.com.

Baca juga: Begini Cara Mengemudi Defensif Saat di Jalan Tol

Fishcer mencontohkan, SUV medium seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport, dan sejenisnya banyak dipilih warna hitam atau silver. Lain dengan mobil keluarga dan city car yang pemilihannya lebih variatif.

Mobil bekas SUV dieselStanly/Otomania Mobil bekas SUV diesel

Menurut Fischer, warna yang tidak digemari harganya juga bisa lebih murah sedikit. Contoh, Fortuner hitam akan lebih mahal ketimbang kelir lain yang kurang diminati pembeli mobil bekas.

Baca juga: Tren Jual Beli Kendaraan di Indonesia Mengarah ke Online

“Selisihnya cukup lumayan dan memang itu memengaruhi penjualan juga. Begitu juga disegmen lainnya,” ucapnya.

Komentar senada juga diungkapkan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy. Menurutnya, warna mobil bisa menjadi salah satu penentu harga jual mobil bekas, khususnya pada segmen medium low.

“Itu sebabnya warna hitam dan putih saat ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih mudah untuk dijual kembali. Selain itu juga bisa berpengaruh terhadap harga jual mobil bekasnya.” kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com