Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enggak Perlu ke Bengkel, Ganti Wiper Mobil di Rumah Aja

Kompas.com - 23/07/2020, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWiper mobil merupakan alat yang membantu menyapu air di kaca depan atau belakang saat hujan. Wiper juga komponen yang rutin setiap enam bulan sekali harus diganti atau istilahnya fast moving.

Bagi yang tidak sempat ke bengkel untuk menggantinya, bisa dilakukan sendiri di rumah. Produk wiper juga tersedia di berbagai toko online, sehingga bisa membelinya tanpa harus keluar rumah atau ke toko aksesoris.

Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, melepas wiper merupakan hal yang mudah dilakukan sendiri. Jika ingin mengganti karet wiper sendiri di rumah, pastikan ukurannya sama dengan yang standar.

Baca juga: Segmen Mobil Mewah, Penjualan BMW Kalahkan Mercedes-Benz

klip wiperKompas.com/Fathan Radityasani klip wiper

Cara mengukur panjang wiper yang benar bisa dengan penggaris. Selain itu bisa juga mencari di internet soal panjang wiper untuk tipe mobil tertentu. Jangan sampai salah ukuran, terlalu pendek atau panjang memiliki kekurangannya masing-masing.

Jika ukuran wiper terlalu pendek, sapuan air di kaca akan tidak maksimal besarnya, jadi kurang membantu pengemudi. Sedangkan kalau terlalu panjang, bisa keluar dari kaca atau mengenai wiper sebelahnya.

“Untuk melepas wiper lama, pertama angkat dulu, lalu pada bagian tengah, ada pengunci atau klip yang bisa ditekan. Tekan klip lalu dorong wiper ke arah bawah sampai terlepas,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mobil Matik Mogok, Pahami Cara Benar Mendorongnya

Untuk memasangnya, posisikan bagian klip dengan besi wiper, lalu disangkutkan. Dorong ke atas sampai terdengar suara “klik”. Wiper sudah terpasang. Cara pelepasan dan pemasangan wiper ini juga bisa dilakukan untuk wiper belakang.

Tchnical Service Executive Coordinator PT Daihatsu Astra Motor, Anjar Rosjadi mengatakan, ketika melakukan penggantian wiper, pastikan klip terpasang dengan sempurna. Bila tidak sempurna, karet dapat terlepas dan bisa merusak kaca depan mobil.

“Dicek saja klipnya dengan cara digeser-geser, sudah mengunci atau belum. Ketika memasang wiper akan lebih baik jika kaca mobil dibersihkan terlebih dahulu,” kata Anjar kepada Kompas.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com