Jangan Lakukan Gerakan Berdiri Saat Naik Motor

Kompas.com - 22/07/2020, 16:57 WIB
Naik motor berdiri tribunnews.comNaik motor berdiri

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada saja kelakuan pengendara motor di jalanan. Misalnya ada yang berdiri ketika motor sedang berjalan. Walaupun tetap menapak di foot step, tetapi tetap saja tidak disarankan untuk di lakukan.

Alasan melakukan hal tersebut karena lelah ingin meluruskan badan tetapi tetap ingin berjalan. Selain itu ada juga yang berdiri agar terlihat keren. Melakukan hal ini tidak disarankan untuk dilakukan saat riding.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, berbeda jika sedang naik motor di jalan off road, berdiri sat riding di aspal malah bisa berbahaya.

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumendirtbiketest.com KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumen

“Pertama akan memengaruhi keseimbangan motor, apalagi pada kecepatan menengah atau tinggi,” kata Setyo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setyo menambahkan, jika terjadi sesuatu di depan pengendara, akan sulit untuk menghandling motor untuk bermanuver. Jadi reflek untuk menghindarnya malah semakin kurang, bisa-bisa menabrak.

“Karena berdiri juga membuat respon pengendara tidak sebaik saat duduk,” ucap Setyo.

Baca juga: Seperti Pebalap, Perlukah Pakai Tear Off buat Helm Harian?

Setyo menjelaskan, berbeda situasinya kalau berdiri saat melewati jalan off road. Off road memiliki gaya riding dan kontur lintasan yang bebeda. Kemudian di sirkuit off road juga jarang bahkan tidak ada kendaraan lain dari lawan arah atau orang menyeberang.

“Tapi kalau pakai motor off road di jalan raya, tetap tidak disarankan untuk berdiri,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.