Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan Gerakan Berdiri Saat Naik Motor

Kompas.com - 22/07/2020, 16:57 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada saja kelakuan pengendara motor di jalanan. Misalnya ada yang berdiri ketika motor sedang berjalan. Walaupun tetap menapak di foot step, tetapi tetap saja tidak disarankan untuk di lakukan.

Alasan melakukan hal tersebut karena lelah ingin meluruskan badan tetapi tetap ingin berjalan. Selain itu ada juga yang berdiri agar terlihat keren. Melakukan hal ini tidak disarankan untuk dilakukan saat riding.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, berbeda jika sedang naik motor di jalan off road, berdiri sat riding di aspal malah bisa berbahaya.

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumendirtbiketest.com KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumen

“Pertama akan memengaruhi keseimbangan motor, apalagi pada kecepatan menengah atau tinggi,” kata Setyo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Setyo menambahkan, jika terjadi sesuatu di depan pengendara, akan sulit untuk menghandling motor untuk bermanuver. Jadi reflek untuk menghindarnya malah semakin kurang, bisa-bisa menabrak.

“Karena berdiri juga membuat respon pengendara tidak sebaik saat duduk,” ucap Setyo.

Baca juga: Seperti Pebalap, Perlukah Pakai Tear Off buat Helm Harian?

Setyo menjelaskan, berbeda situasinya kalau berdiri saat melewati jalan off road. Off road memiliki gaya riding dan kontur lintasan yang bebeda. Kemudian di sirkuit off road juga jarang bahkan tidak ada kendaraan lain dari lawan arah atau orang menyeberang.

“Tapi kalau pakai motor off road di jalan raya, tetap tidak disarankan untuk berdiri,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com