Pilih Mana, Pelek Palang atau Jari-jari?

Kompas.com - 22/07/2020, 19:01 WIB
Pelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless. Youtube/M-OnePelek jari-jari bisa kompatibel dengan ban tubeless.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek jari-jari saat ini semakin jarang ditemui di jalan. Kebanyakan sepeda motor model baru sudah menggunakan pelek Cast Wheel (CW) atau yang kerap dikenal dengan pelek palang atau racing.

Namun, jika dibanding dengan pelek jari-jari, apa sebenarnya kelebihan pelek racing?

Pelek jari-jari memang dinilai lebih ringan, tetapi dalam urusan handling pelek CW dinilai lebih unggul karena konstruksinya yang kaku.

Efeknya jelas akan memudahkan motor untuk melibas tikungan lantaran kaki-kaki tersebut bisa meminimalkan roll sasis.

Baca juga: Ninja 250, CBR250RR dan R25 Bekas, Mana yang Paling Mahal?

Berbeda, jika motor tersebut digunakan untuk drag race yang lintasannya lurus. Maka disarankan untuk menggunakan pelek jari-jari yang ringan sehingga bisa menjadi faktor penunjang agar motor semakin kencang.

cat ulang pelek motorKompas.com/Fathan Radityasani cat ulang pelek motor
Baca juga: Ninja 250, CBR250RR dan R25 Bekas, Mana yang Paling Mahal?

Sementara itu, menurut Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok, Syamsuddin, pemilihan pelek sebenarnya tergantung dengan minat konsumen. Sebab, masing-masing pelek pasti sudah memiliki standarisasi kemamanan sendiri dan proses pembuatannya juga tidak sembarangan.

“Menurut saya sama saja, hanya pelek racing memiliki kelebihan pada variasi model. Bentuknya bisa dibuat macam-macam sehingga bisa menarik minat konsumen. Sementara untuk jari-jari hanya seperti itu saja modelnya, meski ada beberapa yang memodifikasi menjadi lebih menarik, namun sangat jarang,” ujar Syamsuddin saat dihubungi Kompas.com.

Jadi menurut Syamsuddin, tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya lebih ke style saja perbedaannya, namun dari segi safety sendiri keduanya sudah ada standarnya masing-masing.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X