Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Pelumas Mulai Andalkan Penjualan Jalur Online

Kompas.com - 17/07/2020, 18:28 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, membuat beberapa sektor jasa dan usaha mengalami berbagai kesulitan.

Tidak terkecuali bagi perusahaan minyak dan gas internasional ExxonMobil. Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil, Patrick Adhiatmadja mengaku, penjualan pelumas buat kendaraan roda dua (2W) dan roda empat (4W) mengalami penurunan seiring dengan berlakunya PSBB.

“Pemakaian kendaraan konsumen berkurang, bengkel-bengkel juga sebagian besar tutup. Penjualan kami turun sejak bulan Maret, mencapai titik terendah di bulan Mei,” ujar Patrick kepada Kompas.com, Jumat (17/7/2020)

Baca juga: Polda Jatim Terapkan Kembali ETLE, Sehari Terbatas 50 Pelanggar

Namun pihaknya mengaku cukup bersyukur. Sebab, sejak Juni sudah ada peningkatan penjualan meski belum kembali normal.

Proses penggantian oli power steeringSetyo Adi/Otomania Proses penggantian oli power steering

“Selama pandemi ini kami juga melakukan beberapa upaya berkomunikasi dengan pelanggan, bengkel, dan distributor secara virtual. Selain itu, juga melakukan beberapa aksi sosial seperti membagikan masker, hand sanitizer bagi pengendara transportasi umum online, dan juga mekanik-mekanik bagi bengkel yang tetap buka selama masa PSBB,” lanjut Patrick.

Baca juga: Dengan Body Lotion Bisa Bikin Door Trim Tetap Mengkilap

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga memberikan promo secara online untuk para konsumen yang ingin melakukan penggantian oli di masa pandemi.

“Kami juga mencoba pemesanan oli dan booking online untuk home service, ternyata tanggapan sangat positif, baik untuk pelanggan 2W maupun 4W. Tentunya hal ini akan menjadi alternatif ke depannya, bekerja sama dengan mitra-mitra terpercaya,” kata Patrick.

Patrick melanjutkan, dari sisi B2B, pihaknya selalu menyelenggarakan serangkaian seminar online (webinar) selama pandemi yang dihadiri lebih dari 100 konsumen dari berbagai segmen industri. 

“Meski sulit, kami berharap dapat melewati masa pandemi ini dan siap untuk menghadapi masa normal baru,” ucapnya.

Vokasi

ExxonMobil Lubricants Indonesia ikut mendukung program pemerintah untuk menghadirkan penyediaan listrik 35.000 MW, dengan memberikan program edukasi berupa materi pengenalan dasar awal pelumasan untuk pembangkit listrik.

Program ini diberikan kepada sejumlah siswa SMK mulai Juni 2020 lalu. Ini juga bertujuan memberikan bekal kepada para siswa mengenai dasar awal pentingnya pelumasan pada mesin.

Untuk tahap awal ExxonMobil bekerjasama dengan beberapa SMK, di antaranya, SMK ORA et LABORA (Oel), SMK Don Bosco, dan BLK Don Bosco. Karena keterbatasan waktu dan tempat akibat dampak pandemi yang belum juga usai, program ini disajikan melalui web seminar (Webinar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com