Begini Rasanya Geber Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

Kompas.com - 17/07/2020, 14:42 WIB
Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul IstimewaTest ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya jika belum mencoba langsung kehebatan Kawasaki Ninja ZX-25 di lintasan sirkuit.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengajak rekan-rekan media untuk mengikuti sesi test ride di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Rabu (15/7/2020).

Sebelum menjabarkan lebih jauh bagaimana rasanya melaju dengan Ninja ZX-25R di sirkuit, perlu diketahui bahwa motor sport ini dibekali mesin 250 cc 4-silinder. Tentu performanya berbeda jauh dengan motor 2-silinder.

Baca juga: Tips Modifikasi Ninja ZX-25R untuk Track Day dari Pebalap

Kawasaki juga membekali ZX-25R dengan segudang teknologi dan fitur yang menunjang performa mesin dan pengendalian motor.

Sebut saja fitur canggih, seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), Ram Air System, Electronic Valves Throttle, hingga Power Mode.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinderKompas.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

Pada sesi test ride ini, KMI menyediakan ZX-25R tipe Special Edition (SE). Peserta diberi kesempatan merasakan potensi motor tersebut sebanyak 5 lap.

Ada sedikit perbedaan pada motor yang digunakan. KMI mengganti ban standar Dunlop GPR300 dengan Dunlop Sportmax. Bukan karena ban standarnya kurang bagus, tapi agar peserta test ride bisa menggali potensi performa Ninja ZX-25R.

Saat naik ke atas motor, dimensinya tidak terlalu berbeda dengan Ninja 250 2-silinder. Bahkan, test rider Kompas.com yang memiliki postur 160 cm pun tetap nyaman menungganginya meski tidak menapak sempurna.

Baca juga: Kecepatan ZX-25R di Sentul Menempel Ninja 250 Spek Balapan Asia

Posisi berkendaranya sangat sesuai untuk kebutuhan balap. Posisi lebih merunduk dengan penggunaan setang yang diposisikan under yoke. Bagian tangki tidak terlalu lebar, sehingga paha mampu menjepitnya lebih baik. Tapi, untuk dipakai harian tentunya akan membuat pergelangan tangan dan bahu lebih cepat pegal.

Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinderKompas.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250 cc dengan empat silinder

Dengan mesin 4-silinder, motor memang terasa lebih berat. Tapi, itu hanya terasa saat dalam kondisi diam. Berbeda jika motor sudah diajak melaju.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X