Kompas.com - 17/07/2020, 12:22 WIB
Poles dasbord pakai wet look otomotipsntricks.blogspot.comPoles dasbord pakai wet look

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya eksterior, interior mobil juga membutuhkan perawatan. Dari beragam sektor pada kabin mobil, salah satu yang kerap luput dari perawatan adalah bagian dasbor dan door trim.

Hampir setiap mobil baru baik door trim dan dasbor kini dibuat menggunakan material plastik. Seiring dengan penggunaan kendaraan, kerap ditemui ada sebagian yang warnanya mulai kusam, padahal dari segi usia kendaraan belum terlalu lama.

Selain karena kurang perawatan, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, salah satu penyebabnya juga akibat sengat sinar matahari terutama pada bagian dasbor.

Baca juga: Modal Peniti buat Bersihkan Nosel Wiper

“Biasanya warna pudar itu pada bagian atas kemudi, karena sektor itu yang sering terjemur matahari baik saat parkir atau pun ketika sedang berkendara,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com.

Pemasangan power window untuk LCGC semakin membuat pemilik toko aksesori tersenyum.istimewa Pemasangan power window untuk LCGC semakin membuat pemilik toko aksesori tersenyum.

Suparna melanjutkan, kebersihan dasbor juga perlu dijaga sebab biasanya debu suka bersarang di sela-sela kompartemen atau bagian sisinya.

Untuk masalah perawatan, tidak terlalu sulit dilakukan sendiri. Apalagi sambil mengisi waktu luang bagi yang sedang melakukan Work From Home (WFH) di tengah pandemi seperti ini.

Baca juga: Ini Pentingnya Merawat Lampu LED

Bahkan peralatan dan materinya juga tidak mahal. Pemilik mobil cukup sediakan lap penyerap air atau chamois untuk membersihkan permukaan dari debu.

Suparna melanjutkan, untuk menjaga kecerahan warna pada dasbor dan door trim cukup oleskan body lotion yang umumnya digunakan kaum hawa untuk melindungi permukaan kulit dari sinar matahari.

“Caranya jangan langsung tuang ke dasbor, tapi oleskan dulu ke kain baru digosokan. Sifat body lotion biasanya memiliki perlindungan dari sinar matahari dan sebagai pelembab, jadi tidak masalah digunakan,” katanya.

Namun, Suparna mengingatkan usai dioleskan ke seluruh permukaan, usahakan untuk langsung menggosoknya dengan lap kering yang halus. Hal ini berfungsi agar sifat lengket pada bodi lotion hilang, sehingga debu dan kotoran tidak mudah singgah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.